Walaupun Turki-Israel Sudah Mesra, Blokade Gaza Tetap Ada

Emirald Julio, Okezone · Senin 27 Juni 2016 21:02 WIB
https: img.okezone.com content 2016 06 27 18 1426691 walaupun-turki-israel-sudah-mesra-blokade-gaza-tetap-ada-pqzdQBnWkl.jpg Netanyahu menjelaskan di TV nasional mengenai perjanjian normalisasi hubungan Israel-Turki (Foto: The New Arab)

TEL AVIV – Perdana Menteri (PM) Israel, Benyamin Netanyahu menekankan pada Senin 27 Juni 2016 bahwa blokade Gaza tetap akan dilakukan oleh militer Negeri Zionis walaupun hubungan Israel-Turki sudah mesra.

Penghilangan blokade maritim wilayah Jalur Gaza oleh Israel merupakan salah satu syarat yang diberikan Turki untuk menormalisasikan hubungan Turki-Israel. Ini dilakukan pasca-terbunuhnya aktivis di atas kapal Mavi Marmara oleh militer Israel pada 2010.

Namun, PM Israel menekankan bahwa hubungan Turki dan Israel sudah masuk tahap normalisasi walaupun blokade Jalur Gaza masih berlangsung.

“Hal kedua dari perjanjian itu (perjanjian normalisasi hubungan Turki-Israel) adalah dihentikannya blokade di wilayah pantai Jalur Gaza,” tutur Netanyahu pada pengumumannya mengenai normalisasi hubungan Israel-Turki di TV nasional Israel, sebagaimana dikutip dari The New Arab, Senin (27/6/2016).

“Ini sudah jelas kepentingan keamanan besar untuk kita. Saya tidak siap untuk berkompromi terkait hal itu,” tegas Netanyahu.

Namun, Netanyahu juga memaparkan bahwa mereka sudah menerima dan akan mengimplementasikan dua dari tiga syarat yang diajukan Turki untuk menormalisasikan hubungan dengan Israel.

Syarat tersebut adalah permintaan maaf dan kompensasi yang harus diberikan oleh Israel. Dilaporkan pada kompensasi tersebut, Turki meminta Israel untuk membangun kembali rumah sakit di Gaza yang hancur oleh serangan udara Negeri Zionis, membangun pembangkit listrik baru, serta membuat pabrik desalinasi air minum untuk warga Palestina.

(emj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini