nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ledakan Tambang Batu Bara di Sawahlunto Diduga dari Percikan Api

Rus Akbar, Jurnalis · Selasa 28 Juni 2016 16:42 WIB
https: img.okeinfo.net content 2016 06 28 340 1427586 ledakan-tambang-batu-bara-di-sawahlunto-diduga-dari-percikan-api-MOJnMSiO1f.jpg Salah satu korban ledakan tambang di Sawahlunto (Rus Akbar/Okezone)

PADANG – Penyebab ledakan tambang milik PT Nusa Alam Lestari (NAL) di Desa Salak, Kecamatan Talawi, Kota Sawahlunto, Sumatera Barat kemarin malam, diduga terpicu dari percikan api yang berada di dalam tambang. Lubang tambang yang mengandung gas metan membuat ledakan menjadi besar dan menyebabkan lima orang luka bakar.

Kapolres Sawahlunto AKBP Riyadi Nugroho menjelaskan bahwa ledakan terjadi saat lima pekerja tengah menambang di lokasi tambang lama dengan kedalaman 160 meter.

“Karena lokasi diduga mengandung gas metan, percikan api dari mata bor pekerja memicu ledakan,” katanya, Selasa (28/6/2016).

(Baca: Tiga Korban Ledakan Tambang Batu Bara di Sawahlunto Kritis)

Pasca-ledakan tambang tersebut seluruh aktivitas penambang dihentikan sementara sebab lokasi tersebut dalam penyelidikan. “Selain itu dikhawatirkan masih ada gas berbahaya di pintu lubang tambang,” ujarnya.

Polres Sawahlunto dan Polsek Talawi sudah mengerahkan personelnya untuk berjaga-jaga di lokasi kejadian dan menutup seluruh lubang tambang. “Penutupan ini masih akan dilakukan sampai tim dari Dinas Pertambangan Sumatera Barat datang ke lokasi dan melakukan pemeriksaan. Selain itu kita juga masih melakukan penyelidikan terhadap penyebab ledakan tambang tersebut,” pungkas dia.

 

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini