nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Peluang Terakhir Seleksi Masuk PTN

Iradhatie Wurinanda, Jurnalis · Kamis 30 Juni 2016 07:02 WIB
https: img.okeinfo.net content 2016 06 29 65 1428412 peluang-terakhir-seleksi-masuk-ptn-I2rU51GGlk.jpg Foto: Ilustrasi (Shutterstock)

JAKARTA - Pascapengumuman hasil Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2016, harapan para pelajar masuk kampus negeri di Indonesia bertumpu pada beberapa PTN yang masih membuka jalur ujian mandiri. Padahal perlu diketahui, ternyata masih ada satu lagi kesempatan melalui Ujian Masuk Bersama untuk Perguruan Tinggi Negeri (UMB-PT).

UMB-PT diadakan oleh Perhimpuan Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Nusantara (PSPMBN), yang merupakan organisasi penyelenggara seleksi dan penerimaan mahasiswa baru pada perguruan tinggi negeri dan swasta di Indonesia. Tahun ini, terdapat 14 PTN yang bergabung dalam UMB-PT 2016.

Disitat dari laman UMB-PT, pendaftaran dilakukan secara online dari 16 Mei sampai 22 Juli 2016. Sedangkan ujian tertulis akan dilaksanakan pada 24 Juli mendatang. Sedangkan biaya pendaftarannya terdiri dari berbagai jenis tergantung pilihan kampus dan prodi peserta. Adapun kisaran biaya pendaftarannya adalah dari Rp275 ribu hingga Rp500 ribu.

Panitia ujian terdiri atas 13 panitia penyelenggara lokal (PPL). Selain itu, terdapat enam outlet yang tersedia, yaitu Outlet Palembang, Outlet Pekanbaru, Outlet Lampung, Outlet Bogor, Outlet Bandung, serta Outlet Surabaya. Tempat-tempat tersebut bisa menjadi lokasi ujian bagi peserta sehingga mereka tidak harus mengikuti ujian di tempat program studi atau universitas yang menjadi pilihannya.

Untuk informasi lebih lanjut, segera cek laman UMB-PT di alamat http://spmb.or.id/ atau https://penerimaan.spmb.or.id. Berikut ini 14 PTN peserta UMB-PT 2016:

1. Universitas Malikussaleh – Lhokseumawe;

2. Universitas Syiah Kuala - Banda Aceh;

3. Universitas Teuku Umar – Meulaboh;

4. Universitas Samudra – Langsa;

5. Universitas Sumatera Utara – Medan;

6. Universitas Andalas – Padang;

7. Institut Seni Indonesia Padangpanjang;

8. Universitas Maritim Raja Ali Haji - Tanjung Pinang;

9. Universitas Jambi – Jambi;

10. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa –Banten;

11. Univeritas Terbuka;

12. Universitas Palangka Raya – Palangkaraya;

13. Universitas Borneo Tarakan – Tarakan;

14. Universitas Udayana – Denpasar. (ira)

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini