Mantan Walkot London Urung Masuk Bursa PM Inggris

ant, · Jum'at 01 Juli 2016 04:14 WIB
https: img.okezone.com content 2016 07 01 18 1430031 mantan-walkot-london-urung-masuk-bursa-pm-inggris-688OsgXjpX.jpg Mantan Wali Kota London, Alexander Boris de Pfeffel Johnson (Foto: Toby Melville/REUTERS)

LONDON – Mantan Wali Kota (Walkot) London, Boris Johnson secara mendadak mencabut pencalonannya dalam bursa Perdana Menteri (PM Inggris), menggantikan David Cameron yang akan resmi lepas jabatan pada Oktober mendatang.

Johnson, yang dukungannya pada kampanye Inggris meninggalkan Uni Eropa secara luas dipertimbangkan sebagai salah satu unsur penentu dalam gerakan tersebut, dielu-elukan untuk menjadi penerus David Cameron, yang menyatakan akan mundur karena gagal membujuk pemilih Inggris tetap berada dalam kelompok tersebut.

Batalnya Johnson dari persaingan PM Ingris ini sangat tidak diperkirakan, karena diumumkan hanya beberapa saat sebelum partai mengungkapkan daftar nama calon, memperlihatkan perubahan tataran politik.

"Saya harus katakan, teman-teman, Anda yang sudah menunggu dengan penuh keyakinan akan inti pidato ini, bahwa setelah berkonsultasi dengan sejumlah rekan dan mengkaji keadaan di parlemen, saya menyimpulkan bahwa sosok itu bukanlah saya," papar Johnson.

Penggantian Cameron akan menghadapi perundingan yang alot dengan Uni Eropa untuk memperbaiki hubungan yang retak, menyeimbangkan keinginan untuk mengurangi imigran ke Inggris sambil berusaha mengamankan ekonomi dan memelihara akses pasar ke Eropa.

Urungnya Johnson mencalonkan diri, terjadi setelah sekutu lain yang pro-Brexit, Menteri Kehakiman Michael Gove, menempatkan dirinya sendiri untuk menjadi calon, dengan mengatakan bahwa ia akan menarik dukungannya terhadap Johnson.

Gove akan berhadapan dengan Theresa May, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Inggris yang menyerukan kampanye untuk tetap berada di Uni Eropa, serta para calon lain dari partai berkuasa.

(raw)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini