nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Unair Optimis Tingkatkan Publikasi Internasional

Iradhatie Wurinanda, Jurnalis · Jum'at 01 Juli 2016 17:11 WIB
https: img.okeinfo.net content 2016 07 01 65 1430683 unair-optimis-tingkatkan-publikasi-internasional-u4roMdvEN3.jpg Unair. (Foto: Dok. Unair)

JAKARTA - Publikasi internasional menjadi salah satu penilaian suatu kampus untuk menjadi bagian dari perguruan tinggi berkelas dunia. Oleh sebab itu, perguruan tinggi negeri (PTN) kini mulai berlomba-lomba meningkatkan jumlah publikasi internasional agar masuk dalam 500 besar terbaik dunia. Hal ini turut dilakukan oleh Universitas Airlangga (Unair).

Guru Besar Fakultas Farmasi Unair, Prof Dr Ahmad Syahrani Apt MS mengatakan, memproduksi publikasi internasional bukan sebuah kemustahilan. Oleh sebab itu, baik dosen maupun mahasiswa harus menyikapi ini sebagai tantangan.

Syahrani menceritakan, pernah akan menempuh pendidikan S-3 di Jerman dan Prancis. Namun, tidak kesampaian karena beberapa alasan. Kemudian, pria asal Kalimantan Selatan itu berpikir, perbedaan kuliah di dalam dengan luar negeri. Ternyata, ada pada kepemilikan publikasi internasional.

"Dari sana saya bertekad untuk membuat publikasi internasional. Saya ingin membuktikan, meskipun akhirnya kuliah S-3 di dalam negeri (Unair), saya tetap mampu berkarya," ujarnya disitat dari laman Unair, Jumat (1/7/2016).

Saat ini, Syahrani sudah memiliki 31 publikasi internasional, dengan delapan di antaranya sebagai author. Ketika lulus S-3 pada 1997, dia telah memproduksi empat publikasi internasional.

"Dosen dan mahasiswa wajib optimistis bahwa dirinya sanggup membuat publikasi internasional. Modalnya, ketekunan dan keseriusan. Sebab, untuk bisa berkontribusi di jurnal bertaraf dunia, dibutuhkan penelitian dan pemikiran yang orisinal," ungkapnya.

Dalam membuat publikasi internasional, Wakil Rektor I Unair periode 2010-2015 itu pun memberikan beberapa tips. "Tidak boleh asal tulis. Karena sudah pasti seleksinya ketat. Kapabilitas bahasa Inggris pun harus di level sangat baik," pungkasnya. (ira)

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini