nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sembilan Orang Tewas Terinjak dalam Perayaan Idul Fitri di Ghana

Rahman Asmardika, Jurnalis · Minggu 10 Juli 2016 17:01 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2016 07 10 18 1434927 sembilan-orang-tewas-terinjak-dalam-perayaan-idul-fitri-di-ghana-pMdcHHRWd1.JPG Seorang pria memimpin parade perempuan yang menari merayakan Idul Fitri di Ghana, 6 Juli 2016. (Foto: Reuters)

ACCRA – Sebanyak sembilan orang dilaporkan tewas terinjak-injak dalam sebuah pesta perayaan Hari raya Idul Fitri, yang menandai berakhirnya Bulan Ramadan di Kumasi, Ghana pada Kamis, 7 Juli 2016.

“Sejauh ini kami mendapati sembilan orang tewas, enam orang perempuan dan tiga laki-laki,” kata kepala dewan kota Asokore Mampong, Nurudeen Hamidan sebagaimana dilansir dari Al Arabiya, Minggu, (10/7/2016).

Hamidan menambahkan selain sembilan orang yang tewas, enam orang mengalami luka-luka, salah satu diantara mereka dalam keadaan kritis dan tengah mendapat perawatan di rumah sakit.

Pesta perayaan tersebut diadakan pada Rabu, 6 Juli saat dimana umat Muslim Ghana merayakan Idul Fitri di pusat komunitas di daerah Asawase, Kumasi. Menurut anggota dewan setempat, Muhammad Muntaka, pesta tersebut digelar untuk merayakan Idul Fitri, namun seringkali berakhir dengan perkelahian.

Penyebab insiden kali ini masih belum jelas karena adanya berbagai keterangan yang bertolak belakang dari para saksi mata.

Muntaka mengatakan ada perkelahian yang terjadi, menyebabkan kepanikan, sedangkan saksi lain mengatakan bahwa lampu mati dan meteran mengeluarkan percikan api yang membuat pengunjung cemas. Seorang saksi lainnya mengatakan acara telah selesai dan insiden terjadi saat pengunjung meninggalkan tempat pesta.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini