nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pasca-Lebaran, Petugas Langsung Gelar Operasi Yustisi

CDB Yudistira, Jurnalis · Kamis 14 Juli 2016 17:13 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2016 07 14 525 1438027 pasca-lebaran-petugas-langsung-gelar-operasi-yustisi-z311DXLJA3.jpg Foto: Illustrasi Okezone

BANDUNG - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bandung menggelar operasi Yustisi Kependudukan di terminal Cichaeum, di Jalan A. H Nasution, Bandung, Jawa Barat.

‎Sasaran operasi kali ini, melakukan pendataan terhadap masyarakat yang baru datang ke kota Bandung.

"Target sasaran kita dalam operasi merupakan masyarakat yang memiliki KTP dari luar kota Bandung, serta masyarakat yang tidak kedapatan membawa KTP," ujar Kasi Pengawasan dan Yustisi, Taspen Effendi saat di temui di Terminal Cicaheum, Kamis (14/7/2016).

Kata dia, jika terdapat warga yang membawa KTP diluar daerah Bandung akan dikenakan denda.

"Jika kedapatan tidak membawa KTP, kita berlakukan denda yang berlaku dalam Perda, sebesar Rp50 ribu," sambungnya.

Dikatakannya Effendi, selain memberikan denda, masyarakat yang tidak kedapatan membawa KTP, juga di berikan Surat Keterangan Tinggal Sementara (SKTS) guna identitas sementara.

"Hal itu juga berlaku bagi yang memiliki KTP di luar kota Bandung, itu berlaku satu tahun, setelah habis, harus membuat surat pindah," ungkapnya.

Dari pendataan yang dilakukan, Effendi menjelaskan, masih banyak di temui masyarakat dari luar kota Bandung, yang memiliki pekerjaan non formal bekerja di Bandung, namun tidak memiliki kartu pengenal atau kartu identitas.

"Mereka datang setiap tahunnya, tapi tidak memiliki KTP, nah ini yang salah. Bandung terbuka bagi siapa saja, namun harus miliki KTP dong," jelasnya.

Berdasarkan data tahun-tahun sebelumnya, masyarakat yang kerap terjaring dalam operasi ini, merupakan para pendatang dari wilayah timur.

"Kebanyakan dari daerah Kebumen," tuturnya.

Effendi menegaskan, pihaknya bakal terus menggelar operasi yustisi ini, di beberapa titik kedatangan lainnya seperti statiun kereta api dan terminal yang ada di kota Bandung.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini