nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Razia Pendatang, Disdukcapil Kota Makassar Gelar Operasi Yustisi di Pelabuhan

ant, Jurnalis · Sabtu 16 Juli 2016 15:14 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2016 07 16 340 1439512 razia-pendatang-disdukcapil-kota-makassar-gelar-operasi-yustisi-di-pelabuhan-vIQz7Z8yfC.jpg Ilustrasi

MAKASSAR - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) bersama Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel) melakukan Operasi Yustisi atau pemeriksaan kartu tanda penduduk (KTP) bagi warga pendatatang di Pelabuhan Soekarno-Hatta, Makassar.

"Kegiatan operasi ini rutin setiap tahun kami lakukan, berkoordinasi dengan Otoritas Pelabuhan, Satpol PP dan Pelni," kata Kepala Disdukcapil Kota Makassar, Nielma Palamba, Sabtu (16/7/2016).

Nielma mengatakan, pemeriksaan KTP dilakukan pada momen arus balik lebaran Idul Fitri 1437 Hijriah, di mana diperkirakan akan ada ribuan warga dari beberapa yang masuk ke Makassar.

Bukan cuma itu, Nielma mengaku, jika Operasi Yustisi dilakukan untuk mengantisipasi lonjakan penduduk di Kota Makassar akibat masuknya pendatang. Pihaknya berkoordinasi dengan instansi terkait yaitu Satpol PP sebagai penegak Perda.

Disdukcapil melakukan penertiban dan sosialisasi berupa pemeriksaan dokumen kependudukan. Tujuannya, memberikan peringatan kepada masyarakat untuk selalu membawa dokumen kependudukan.

"Ini adalah upaya pembinaan administrasi kependudukan yang kita lakukan. Masyarakat yang ingin menetap di Kota Makassar harus melaksanakan ketentuan yang berlaku di kota ini," ujarnya.

Nielma menambahkan, pihaknya memilih melakukan pemeriksaan KTP di pelabuhan karena kapasitasnya yang besar. Setiap kapal yang berlabuh mengangkut ribuan penumpang.

"Kami melakukan pemeriksaan setiap pendatang yang tidak punya KTP dicatat untuk selanjutnya didata. Agar bisa ditindaklanjuti ke RW dan RT tujuan para pendatang akan menetap," tuturnya.

Sementara, Kepala Satpol PP Kota Makassar, Iman Hud menambahkan, personel Satpol PP yang diterjunkan pada razia tersebut sebanyak 150 orang. "Kami terjunkan 150 orang anggota Satpol PP, saya sendiri yang pimpin operasi ini," kata dia.

(fds)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini