Cegah Pengosongan Rumdin, Warga KPAD Gegerkalong Layangkan Gugatan

Agregasi Pikiran Rakyat, · Selasa 19 Juli 2016 13:38 WIB
https: img.okezone.com content 2016 07 19 525 1441433 cegah-pengosongan-rumdin-warga-kpad-gegerkalong-layangkan-gugatan-VIYRzYMJR9.jpg Pikiran Rakyat

BANDUNG – Cegah eksekusi pengosongan rumah dinas, warga terdampak di Kompleks Perumahan Angkatan Darat (AD) Gegerkalong, Bandung, Jawa Barat, melayangkan gugatan terhadap Pangdam III/Siliwangi.

Gugatan dilayangkan pada Rabu 13 Juli 2016, melalui tim pembela hukum warga. Gugatan diajukan ke Pengadilan Negeri (PN) Klas 1A Bandung.

(Baca juga: Jelang Pengosongan Rumdin, Suasana di Gegerkalong Bak Medan Perang)

Salah satu tim pembela hukum, Qadhar Faisal Rukanda mengatakan, gugatan itu telah terdaftar dengan nomor perkara 266/pdt.G/2016 PN.BDG.

"Ini berarti soal KPAD Gegerkalong sudah masuk ranah hukum. Sudah masuk pengadilan. Atas hal ini pulalah, Kodam III/Siliwangi harus menangguhkan rencana penertiban," katanya, seperti dikutip dari Pikiran Rakyat, Selasa (19/7/2016).

Tim pembela hukum pun telah melayangkan surat permintaan penangguhan penertiban kepada Pangdam III/Siliwangi, Senin 18 Juli 2016. Surat itu juga ditembuskan kepada sejumlah pihak antara lain PN Bandung, Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM), Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Menteri Pertahanan (Menhan), Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam), Panglima TNI, hingga Kapolri.

"Jadi, penertiban harus dihentikan sampai ada keputusan hukum tetap dari pengadilan. Kalau pangdam tetap bersikukuh melakukan penertiban sebelum ada keputusan hukum yang tetap, itu sama saja artinya melakukan perlawanan hukum," ujar Qadhar.

Qadhar menambahkan, apabila pasukan tetap mendobrak masuk kawasan dan rumah-rumah untuk melakukan pengosongan, artinya telah terjadi onrechtmatige over heids daad. "Yaitu perbuatan melawan hukum yang dilakukan penguasa. Kalau itu yang terjadi, maka kami akan laporkan ke Amnesti Internasional," tuturnya.

(fds)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini