Waspada! Hujan Lebat Disertai Angin Masih Terjadi di Bandung

Agregasi Pikiran Rakyat, · Rabu 20 Juli 2016 12:00 WIB
https: img.okezone.com content 2016 07 20 525 1442243 waspada-hujan-lebat-disertai-angin-masih-terjadi-di-bandung-eljJRdNj9O.jpg foto: ilustrasi

BANDUNG - Kota Bandung dan sekitarnya masih berpotensi turun hujan dengan intesitas ringan hingga lebat dalam durasi singkat pada musim kemarau ini. Masyarakat diminta waspada terhadap kemungkinan potensi bencana termasuk angin puting beliung.

"Kota Bandung dan sekitarnya, pada umumnya sudah memasuki musim kemarau mulai Juni lalu. Meski demikian hujan masih berpotensi turun," ungkap Peneliti Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Bandung, Muhamad Iid Mujtahiddin.

Dikatakan Iid ada beberapa faktor yang mendukung ke arah sana. Misalnya adanya fenomena La Nina dari Juli hingga Desember mendatang, walaupun katagorinya lemah. "La Nina sempat masuk katagori moderat pada Juni lalu," katanya, dikutip dari PR Online.

Fenomena La Nina menurut Iid mengakibatkan Kota Bandung dan sekitarnya masih mendapatkan suplai air hujan. Dampaknya selama periode musim kemarau ini berpotensi turun hujan. "Walaupun intensitas hujan relatif kurang bila dibandingkan pada musim penghujan kemarin," ucapnya.

Kondisi lainnya yang mempengaruhi turun hujan tersebut kata Iid dilihat dari suhu muka laut di selatan perairan Jawa Barat cenderung hangat. Dampaknya berpotensi terbentuknya awan hujan.

"Juga ada fenomena dipole mode pada Juni hingga November mendatang dengan kondisi kuat negarif. Artinya wilayah Indonesia terutama bagian barat akan mendapatkan suplai air hujan," tuturnya.

Iid menurutkan pada musim kemarau sekarang berdasarkan prakiraan BMKG, curah hujan pada Juli hingga September mendatang, umumnya di atas rata-rata. Untuk itu, waspada terhadap kemungkinan hujan lebat dengan durasi singkat.

"Bisa disertai petir atau kilat dan angin kencang sehingga berpotensi terjadi gerakan tanah (longsor), banjir atau genangan air. Kondisi karakter tanah kering sehingga mudah tergerus air yang turun secara lebat dalam durasi singkat," ungkapnya.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini