Mayoritas Situ di Subang Berubah Fungsi

Agregasi Pikiran Rakyat, · Kamis 21 Juli 2016 08:28 WIB
https: img.okezone.com content 2016 07 21 525 1443025 mayoritas-situ-di-subang-berubah-fungsi-LfbVyGRp7s.jpg Pikiran Rakyat

SUBANG – Mayoritas situ atau danau di Kabupaten Subang, Jawa Barat telah berubah fungsi. Padahal, seyogyanya, situ atau danau tersebut diperuntukan sebagai untuk memenuhi kebutuhan air lahan pertanian

Dari 27 situ yang terdata di Perum Jasa Tirta II, Divisi Pengelolaan Air III, sebanyak 14 di antaranya sudah berubah fungsi. Saat ini, tinggal 13 situ yang masih ada, tetapi fungsinya sudah tak optimal karena mengalami penyempitan dan pendangkalan.

Dari pantauan di lapangan, salah satu situ yang masih berfungsi ada di daerah Kelurahan Sukamelang Kecamatan Subang, Kabupaten Subang. Walaupun masih berfungsi mengairi area pertanian, kondisinya memprihatinkan.

Selain tertutupi sampah, tanaman airseperti eceng gondok juga menutupi permukaan air. Sedimentasinya juga cukup tinggi sehingga kemampuan menampung air berkurang karena banyaknya lumpur.

"Sampah yang masuk situ tak habis-habis. Padahal, sudah sering diangkut petugas tapi tak pernah kosong, malah semakin banyak," kata salah satu warga setempat, Kardi, seperti dikutip dari Pikiran Rakyat, Kamis (21/7/2016).

Sementara, Kepala Divisi Pengelola Air III, Perum Jasa Tirta II, Farid Kohar mengatakan, sebanyak 13 situ yang tersisia masih berfungsi, meski tak optimal memenuhi kebutuhan air area pertanian, utamanya saat musim kemarau.

“Yang tersisa tak optimal karena sudah menyempit dan mengalami pendangkalan," ujarnya.

(fds)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini