nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Anak Muda Kian Minati Kuliah Jarak Jauh

Neneng Zubaidah, Jurnalis · Kamis 21 Juli 2016 18:25 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2016 07 21 65 1443636 anak-muda-kian-minati-kuliah-jarak-jauh-akqkVomhOl.jpg Ilustrasi: Shutterstock

JAKARTA - Anak muda kini semakin berminat kuliah di Pendidikan Tinggi Terbuka Jarak Jauh (PTTJJ). Konsep teknologi yang mendasari sistem pengajaran yang menyebabkan tingginya minat tersebut.

Rektor Universitas Terbuka (UT) Tian Belawati mengatakan, dalam usianya yang ke-32 tahun populasi mahasiswa UT semakin banyak diisi oleh generasi muda. Dia mengungkapkan, mahasiswa UT yang berusia 30 tahun ada sekira 40 persen dan yang berusia di bawah 25 tahun ada 25 persen.

"Semakin ke sini semakin banyak anak muda yang masuk UT. Kalau dulu kan kami mahasiswanya kebanyakan di atas 30 tahun. Target kami untuk memasyarakatkan UT di kalangan muda berhasil karena anak muda yang senang dengan gadget sementara pembelajaran kami mayoritas memang memakai teknologi," katanya ketika ditemui di Jakarta, Kamis (21/7/2016).

Tian menuturkan, pihaknya sudah menyediakan aplikasi kuliah yang bisa diunduh di ponsel android. Mulai dari bahan ajar digital interaktif, akses perpustakaan digital, daftar ujian hingga komunikasi antarsiswa bisa dilakukan di aplikasi tersebut.

Saat ini, terangnya, pihaknya sedang mengembangkan ujian online berbasis internet dengan pengawasan online. Dia menjanjikan pada akhir 2017 kuliah online di kampusnya akan semakin nyaman dengan tambahan aplikasi fungsional lainnya.

Dia menjelaskan, 70 persen mahasiswa UT mengambil jurusan keguruan. Hal ini terjadi karena adanya kewajiban pemerintah yang menyatakan guru mengajar harus linier dengan gelar kesarjanaanya. Namun jurusan lain seperti ilmu hukum, perpustakaan dan juga manajemen sudah banyak dilirik oleh mahasiswa UT.

"Tercatat tiap semester ada 160 ribu mata kuliah mahasiswa online yang diakses secara serentak," terangnya.

Menjabat sebagai rektor pada 2009 lalu bersamaan waktunya dengan booming-nya masyarakat menggunakan internet tidak hanya sebagai media pendidikan. Internet telah dikenal sebagai online education dan Tian ingin menangkap perkembangan zaman ini untuk memajukan UT.

"Sehingga ketika saya menjadi rektor UT agenda utama saya ingin meningkatkan pemanfaatan ICT untuk belajar. ICT tidak hanya untuk manajemen tetapi pembelajaran. Namun kami ingin mengkampanyekan kepada mahasiswa untuk aktif memanfaatkan layanan UT. Apalagi UT itu kuliah pembelajaran jarak jauh dan bukan tatap muka," paparnya.

(rfa)

Berita Terkait

Universitas Terbuka (UT)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini