Share

6.000 Kendaraan dari Indonesia Masuk Secara Ilegal ke Timor Leste

Sefnat Besie, Sindo TV · Sabtu 23 Juli 2016 06:44 WIB
https: img.okezone.com content 2016 07 23 340 1444944 6-000-kendararaan-dari-indonesia-masuk-secara-ilegal-ke-timor-leste-NrWIRlDyra.jpg Foto: (Ilustrasi/Okezone)

KEFAMENANU - Kepolisian Negara Timor Leste mencatat penyelundupan kendaraan bermotor dari Indonesia ke Timor Leste mencapi 6.000 unit, baik itu kendaraan roda dua maupun roda empat.

Hal itu terungkap dalam pertemuan khusus antara Kepolisian Timor Leste, Danyon UPF, Joao Belo Dos Reis dengan Komandan Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Barat, Letkol Inf Mohamad Ghoffar Ngismangil di Markas Komando Taktis Satgas di Noemuti, Timor Tengah Utara, NTT kemarin.

Angka mencengangkan tentang jumlah kendaraan yang hilang dari negara Indonesia ke Timor Leste lewat jalan tikus itu terjadi sejak 15 tahun terakhir, yakni tahun 2000 atau sejak Timor-Timur memisahkan diri menjadi negara merdeka dengan nama Timor Leste pada tahun 1999 silam.

"Di Timor Leste sekarang sudah ada aturan baru, setiap kendaraan Roda 2 dan Roda 4 yang dijual ke Timor Leste dan melintasi jalan raya di wilayah Timor Leste wajib sudah memiiki bukti Pajak kepemilikan Kendaraan bermotor." Terang Danyon UPF, Joao Belo Dos Reis.

Joao menyebut, 6.000 unit kendaraan yang masuk dengan ilegal itu sangat merugikan pemerintahan dua negara, namun dikatakan Joao, sejak awal Bulan Juni kemarin angka peyeludupan sudah mulai berkurang karena adanya aturan baru tersebut. (day)

Baca Juga: Saatnya Anak Muda Bangkit Bersama untuk Indonesia Bersama Astra

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini