Presiden Akan Lantik Ratusan Perwira Remaja di Akmil Magelang Besok

ant, · Senin 25 Juli 2016 16:06 WIB
https: img.okezone.com content 2016 07 25 512 1446226 presiden-akan-lantik-ratusan-perwira-remaja-di-akmil-magelang-besok-30Yb7AbQLC.jpg Ilustrasi

MAGELANG - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan melantik perwira remaja TNI-Polri dalam upacara Prasetya Perwira Remaja (Praspa) TNI-Polri 2016 di Lapangan Sapta Marga Akademi Militer Magelang, Selasa 26 Juli 2016.

Komandan Jenderal (Danjen) Akademi TNI, Mayjend TNI Bayu Purwiyono mengatakan, para prajurit taruna remaja yang akan dilantik terdiri dari 221 taruna Akademi Militer (Akmil), 91 kadet Akademi Angkatan Laut (AAL), 108 karbol Akademi Angkatan Udara (AAU) dan 300 taruna Akademi Kepolisian (Akpol).

Ia mengatakan, dari 720 taruna yang akan dilantik presiden tersebut, 49 orang di antaranya merupakan taruni berasal dari Akpol. Para taruna yang akan dilantik menjadi perwira tersebut telah menjalani pendidikan selama empat tahun, yakni satu tahun di Resimen Chandra Dimuka dan tiga tahun di masing-masing akademi.

"Para perwira remaja TNI tersebut setelah dilantik dan diambil sumpahnya berhak menyandang pangkat letnan dua (letda) bagi lulusan dari Akmil, AAL dan AAU, sedangkan untuk lulusan Akpol berhak menyandang pangkat inspektur dua (Ipda)," katanya, seperti dikutip dari Antara, Senin (25/7/2016).

Bayu mengatakan, sejak tahun 2011 perwira remaja lulusan Akademi TNI selain mendapatkan pangkat letnan dua juga berhak menyandang gelar sarjana terapan bidang pertahanan (S.T.Han). sementara lulusan Akpol mendapatkan gelar sarjana terapan kepolisian (S.Tr.K).

"Gelar sarjana tersebut diperoleh dari penyelenggaraan pendidikan vokasi program jenjang diploma IV di masing-masing akademi angkatan," tuturnya.

Selain itu, dalam pelantikan juga akan disematkan Bintang Adhimakayasa untuk lulusan terbaik dari masing-masing Akademi.

Mereka yang berhak atas anugerah Adhimakayasa, yaitu Letda (Inf) Tri Ageng Widhi Nugroho S.T.Han (Akmil), Letda (Pelaut) Anka Samudera S.T.Han (AAL), Letda (Teknik) Juliar Dwidya Firmansyah S.T.Han (AAU) dan Ipda Nahal Rizaq S.Tr.K (Akpol).

(fds)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini