nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Universitas Ahmad Dahlan Berguru ke Unsyiah

Rayful Mudassir, Jurnalis · Senin 25 Juli 2016 16:25 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2016 07 25 65 1446245 universitas-ahmad-dahlan-berguru-ke-unsyiah-oTgzsg5dWK.jpg Ilustrasi : (Foto: Dok. Okezone)

BANDA ACEH – Belajar mendapatkan akreditasi A, Rektor Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta (UAD) beserta sejumlah jajarannya melakukan lawatan ke Universitas Syiah Kuala (Unsyiah), Banda Aceh.

Kunjungan itu bermaksud untuk mendapat kiat-kiat Unsyiah sehingga berhasil memperoleh akreditasi wahid tersebut. Rektor UAD, Dr Kasiyarno mengapresiasi Unsyiah karena berhasil meloncat dari akreditasi C menjadi A. Keberhasilan tersebut, kata Rektor, mendorong tim UAD untuk belajar akreditasi ke Unsyiah.

“Di samping itu, Dikti juga sudah memberi sinyal kepada UAD untuk dapat mengikuti jejak Unsyiah dalam akreditasi,” kata Rektor Kasiyarno di Balai Senat Unsyiah, Senin (25/7/2016).

Kunjungan tersebut disambut langsung oleh Rektor Unsyiah, Prof Samsul Rizal. Dalam pertemuan itu, Rektor Unsyiah menjelaskan, kampus yang dipimpinnya itu sudah merancang rencana strategis untuk menjadi universitas unggulan.

Ia menyebut, pada periode 2012 hingga 2017, Unsyiah memusatkan perhatian pada sektor penguatan pelayanan. Setelah itu pada 2017-2021, kampus bergerak menuju daya saing regional. Kemudian pada periode 2021-2026, Unsyiah menargetkan untuk bersaing di tingkat internasional.

“Upaya itu tentunya harus sejalan dengan arah kebijakan. Jadi, seiring dengan target itu Unsyiah memiliki arah kebijakan berupa layanan prima untuk pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi. Kemudian akan memperkuat basis menuju daya saing regional,” jelasnya.

Rektor Unsyiah menambahkan, lembaga yang dipimpinnya itu adalah satu-satunya kampus berstatus satuan kerja (Satker) yang berhasil memperoleh akreditasi A di luar Pulau Jawa. Selebihnya berstatus Badan Layanan Umum (BLU) dan Badan Hukum Pendidikan (BHP). Dengan prestasi akreditasi A, Unsyiah kini sudah mendapatkan lampu hijau dari Menteri Ristekdikti untuk menuju ke status BHP.

Menurut Prof Samsul, yang ditanamkan bagi seluruh dosen dan pegawai untuk meraih akreditasi yaitu dengan tekad keikhlasan, kejujuran, dan kebersamaan. Ketiga pilar itu menjadi penyemangat bagi seluruh keluarga besar Unsyiah.

“Kami membangun sebuah kekompakan. Mulai dari mahasiswa, pegawai, dosen, sampai pihak rektorat. Semuanya mempunyai mimpi yang sama yakni mendapat akreditasi A. Beberapa terobosan yang dilakukan Unsyiah selama ini antaranya adalah perpustakaan berbasis digital, perluasan akses IT, peningkatan untuk mendukung program studi baru, serta kebersihan dan kenyamanan lingkungan,” sebut Rektor Unsyiah. (afr)

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini