Duterte Kembali Tegaskan Posisi Filipina Terkait LCS

Emirald Julio, Okezone · Selasa 26 Juli 2016 12:31 WIB
https: img.okezone.com content 2016 07 26 18 1446886 duterte-kembali-tegaskan-posisi-filipina-terkait-lcs-xtv2mkcy5f.jpg Foto Duterte memperlihatkan naskah pidatonya di pidato kenegaraan perdananya (Foto: Reuters)

MANILA – Presiden Filipina, Rodrigo Duterte pada Senin 25 Juli 2016, kembali menegaskan posisi negaranya terkait sengketa Laut China Selatan (LCS).

Dilaporkan, hal tersebut disampaikan oleh Duterte pada pidato kenegaraan pertamanya di depan para anggota Kongres Filipina.

Pada pidato yang berlangsung selama 90 menit itu, Duterte sempat membahas putusan dari Permanent Court of Arbitration (PCA) di Den Haag, Belanda, terkait klaim China terhadap LCS.

Duterte sendiri menyambut putusan tersebut dengan mengatakan hukum internasional harus diamati untuk menemukan solusi damai dalam penyelesaian konflik yang terjadi.

Sebagaimana dikutip dari NHK, Selasa (26/7/2016) pada pidatonya tersebut dilaporkan Duterte tidak memberikan rencana yang bersifat konkret dan dia hanya menegaskan agar “pihak yang bersengketa” (China) untuk menghormati putusan PCA.

Namun, China sendiri menolak putusan tersebut dengan berdalih penyelesaian sengketa LCS yang diajukan oleh Filipina ke PCA hanya bersifat sepihak saja.

Terdapat kabar Duterte ingin mengirimkan utusan ke China untuk memulai pembicaraan bilateral terkait LCS.

Namun, Negeri Tirai Bambu menegaskan bahwa pembicaraan tersebut tidak akan terjadi jika terdapat negosiasi yang menjadikan putusan PCA sebagai dasarnya.

(emj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini