nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jadi Kampus Dunia, Impian Binus Sejak 2007

Afriani Susanti , Jurnalis · Selasa 26 Juli 2016 19:07 WIB
https: img.okeinfo.net content 2016 07 26 65 1447127 jadi-kampus-dunia-impian-binus-sejak-2007-ugJtxBnwFq.jpg Ilustrasi : (Foto: Dok. Okezone)

JAKARTA – Pemerintah sedang gencar mendorong Perguruan Tinggi yang ada di Indonesia agar dapat masuk ke jajaran kampus kelas dunia. Bina Nusantara (Binus) University sendiri sudah memikirkan untuk bisa masuk ke jajaran kampus dunia sejak 2007.

"Kita sudah lakukan persiapan itu sejak 2007. Karena kan untuk menjadi kampus kelas dunia butuh persiapan," ungkap Rektor Binus University, Profesor Dr Ir Harjanto Prabowo, MM di Old Town Coffee Cafe, Jakarta, belum lama ini.

Guna meraih peringkat kelas dunia, ada sejumlah hal yang perlu ditingkatkan di kampus tersebut. Seperti menggenjot publikasi internasional. "Karena selain membuat juga perlu tahu seberapa banyak tulisan ini dibaca dan dipakai oleh para peneliti," ujarnya.

Selain itu, Binus juga melakukan riset agar bisa menjadi kampus kelas dunia berapa publikasi yang dibutuhkan. Jangan sampai riset yang dibuat hanya dibaca untuk sendiri dan tidak ada dampaknya untuk masyarakat.

"Membuat publikasi internasional juga ada aturanya jadi tidak mudah. Kami juga mendorong dosen agar mau meneliti dan tidak hanya mengajar saja," ucapnya.

Harjanto menginginkan agar para dosen bisa meneliti untuk mahasiswanya. "Karena itu agar dosen mau menulis, kami dorong dosen mengeluarkan satu publikasi setahun," ujarnya.

Masuknya Binus University sebagai salah satu kampus terbaik di Asia versi QS University Rangkings adalah buah dai perjuangan kampus selama ini. "Kalau sekarang Binus masuk ranking itu bagian dari perjuangan," tambahnya. (afr)

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini