nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Reshuffle Kabinet: Profil Muhadjir Effendy, Mendikbud Pengganti Anies Baswedan

Afriani Susanti , Jurnalis · Rabu 27 Juli 2016 12:16 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2016 07 27 65 1447883 reshuffle-kabinet-profil-muhadjir-effendy-mendikbud-pengganti-anies-baswedan-6eBJSviGDQ.jpg Mantan Rektor UMM Muhadjir Effendy menggantikan Anies Baswedan sebagai Mendikbud. (Foto: dok. UMM)

JAKARTA - Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo secara resmi telah mengumumkan pergantian menteri di Kabinet Kerja. Salah satu posisi yang mengalami pergantian yaitu Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud).

Anies Baswedan kini digantikan oleh Muhadjir Effendy. Pria kelahiran 29 Juli 1956 meraih gelar sarjana di IKIP Malang pada 1982. Setelah itu, Muhadjir melanjutkan pendidikannya ke jenjang Magister (S-2) di Universitas Gadjah Mada (UGM) dengan mengambil jurusan Administrasi Publik dan tamat pada 1996. Setelah itu, ayah tiga anak tersebut meraih gelar doktornya dari Universitas Airlangga (Unair).

Sejak 2015, Muhadjir menjadi Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah periode 2015 sampai 2020. Suami dari Suryan Widati tersebut juga pernah mendapatkan tanda jasa yaitu Satayalencana Karya Satya XX pada 2010.

Pria asal Madiun ini pernah menduduki jabatan sebagai rektor di UMM sebanyak tiga kali. Muhadjir menjabat sebagai rektor pada periode 2000 - 2004, 2004 - 2008, dan periode 2008 - Februari 2016. Selain itu, Muhadjir juga aktif menulis sejumlah buku di antaranya Bala Dewa, Seperti Menyaksikan Dahlan Muda, dan juga Muhammadiyah dan Pendidikan di Indonesia.

Semasa muda, Muhadjir aktif sebagai wartawan kampus hingga mendirikan surat kabar kampus UMM, BESTARI pada 1986. Pria yang pernah menjabat sebagai Ketua Umum Persatuan Wartawan Indonesia (UMM) Perwakilan Malang Raya itu juga merupakan penulis artikel lepas di beberapa media massa nasional.

Pada Rabu 27 Juli 2016, sosiolog yang ahli di bidang militer dan intelektual muslim itu resmi ditetapkan sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) yang menggantikan Anies Baswedan sebagai Mendikbud sebelumnya.

Ketika memperkenalkan para menteri baru, Menteri Sekretaris Negara Pratikno menyebut, Muhadjir Effendy memiliki kualifikasi mumpuni dalam bidang pendidikan. Di antara buktinya, kata Pratikno, Muhadjir menjabat sebagai rektor UMM beberapa periode serta menjadi ketua PP Muhammadiyah dalam bidang pendidikan, kebudayaan dan litbang.

"Pak Muhadjir tidak hanya berpengalaman dalam bidang pendidikan tinggi, tetapi juga dalam membawa berbagai organisasi yang dipimpinnya meningkatkan prestasi," ujar Pratikno, di Istana Negara, Jakarta, Rabu (27/7/2016). (afr)

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini