nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Rektor Binus: Jangan Takut dengan Dosen Asing

Afriani Susanti , Jurnalis · Sabtu 30 Juli 2016 19:16 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2016 07 30 65 1450891 rektor-binus-jangan-takut-dengan-dosen-asing-ivigzbX5RU.jpg Foto: Ilustrasi (Shutterstock)

JAKARTA - Dengan hadirnya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), atmosfer globalisasi semakin terasa, tidak terkecuali dalam dunia pendidikan di perguruan tinggi. Meski demikian, kita tidak perlu khawatir dengan pekerja asing yang mulai berdatangan ke Indonesia.

"Supaya bisa bersaing khususnya di dunia perguruan tinggi yakni perlu diperbaiki kurikulum, dosennya, pembelajarannya juga, memang tidak ada cara instan. Kita juga tidak perlu takut dengan dosen asing," ungkap Rektor Bina Nusantara (Binus) University, Profesor Dr Ir Harjanto Prabowo, MM, di Old Town Coffee, belum lama ini.

Perguruan tinggi yang bisa menerima mahasiswa asing ataupun bisa mengirimkan, berarti secara internasional sudah diakui. Hal tersebut juga tidak terlepas dari adanya globalisasi.

"Tantangan MEA itu berat, karena setiap negara memiliki standarnya masing-masing. Singapura bisa menentukan apa yang tidak mengizinkan orang Indonesia untuk tidak boleh bekerja di negara tersebut. Karena itu, kita harus punya kriteria," paparnya.

Kampus Indonesia pun sedang menyusun standar tersebut. Agar ijazah yang dikeluarkan juga menunjukkan kemampuan apa yang dimiliki oleh mahasiswa tersebut.

"Sertifikasi profesi juga penting, tapi saya kurang setuju jika hanya sertifikasi saja tapi ijazahnya tidak dipakai. Karena sudah globalisasi maka perlu untuk menentukan standar dan berpikirnya kompetitor, itu bukan hanya dalam negeri saja tapi luar negeri juga," tambahnya. (ira)

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini