nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jadikan Kualitas Tujuan Raih Kampus Kelas Dunia

Afriani Susanti , Jurnalis · Minggu 31 Juli 2016 13:07 WIB
https: img.okeinfo.net content 2016 07 30 65 1450931 jadikan-kualitas-tujuan-raih-kampus-kelas-dunia-giJOnYGJQ2.jpg Foto: Ilustrasi (Shutterstock)

JAKARTA – Saat ini, pemerintah sedang gencar mendorong perguruan tinggi untuk menjadi kampus kelas dunia. Namun, jangan jadikan ranking sebagai patokan untuk menduduki posisi kampus kelas dunia.

"Ranking itu jangan dijadikan tujuan, kalau kualitasnya baik pasti rankingnya baik," ungkap Rektor Bina Nusantara (Binus) University, Profesor Dr Ir Harjanto Prabowo, MM, di Old Town Coffee, belum lama ini.

Menurutnya, dukungan pemerintah juga turut menentukan masuknya kampus-kampus Indonesia di kancah internasional. "Ingin berkelas dunia, selain kualitas juga perlu dukungan dari pemerintah, " ujarnya.

Pria kelahiran Pekalongan, 17 Maret 1964 tersebut menjelaskan bahwa Indonesia punya potensi besar bagi perguruan tingginya untuk masuk sebagai kampus kelas dunia. Kualifikasi yang ada juga sudah jelas dijabarkan.

"Kan ada ranking dan rating, keduanya itu punya syarat yang berbeda. Untuk rating sudah ada syarat-syaratnya, tinggal kita mau apply atau tidak dan itu berlaku selama tiga tahun. Sementaran untuk ranking, kita harus tahu kompetitor-kompetitornya," paparnya.

Karena itu, Indonesia saat ini menargetkan sejumlah kampus untuk masuk dulu ke kelas dunia. Namun jika tidak bersiap diri, bersiaplah untuk dibalap dengan kampus lain yang juga memiliki kualitas lebih baik.

"Sekarang makanya pemerintah mendorong sekali kampus di Indonesia bisa berkelas dunia, kalau dulu kan belum terlalu. Kalau untuk urusan rangkig itu hanya indikator, karena kalau terlalu berambisi untuk menjadi seperti itu nanti semua cara dilakukan. Jadi fokuslah pada kualitas yang baik," tambahnya. (ira)

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini