BMKG Ingatkan Gelombang Pasang di Bangka Belitung

ant, · Rabu 03 Agustus 2016 11:44 WIB
https: img.okezone.com content 2016 08 03 340 1453763 bmkg-ingatkan-gelombang-pasang-di-bangka-belitung-wNAhOpbmMy.jpg ilustrasi (Foto: Dok. Okezone)

PANGKALPINANG - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengimbau pengunjung pantai agar mewaspadai tinggi gelombang pasang Sungailiat, Kabupaten Bangka yang berkisar 2,43 meter yang akan terjadi pada Kamis 4 Agustus besok.

"Kami mengimbau pengunjung pantai tidak berenang terutama di wilayah pantai yang terhubung langsung dengan laut lepas karena gelombang pasang sewaktu-waktu dapat mengancam keselamatan," kata staf Koordinator Unit Analisa BMKG Pangkalpinang, Deas Achmad Rivai, Rabu (3/8/2016).

Pantauan BMKG, gelombang pasang yang cukup tinggi juga berpotensi terjadi di Membalong Kabupaten Belitung hingga 2,20 meter, sedangkan di Mentok Bangka Barat berkisar 1,90 meter, Kemudian Toboali Bangka Selatan mencapai 1,86 meter, Kelapa Kampit Belitung Timur sampai 1,78 meter, Belinyu Bangka 1,75 meter dan Tanjungpandan 1,55 meter, Sedangkan tinggi gelombang laut di jalur pelayaran Babel yang juga diprakirakan cukup membahayakan yaitu di Selat Karimata dan Utara Bangka masing-masing berkisar tiga meter.

Sementara di Selat Bangka 0,5 meter, Selat Bangka dan Selatan Bangka masing-masing berkisar 0,75 meter.

"Waspadai gelombang yang cukup tinggi nelayan dan angkutan jasa laut diharapkan dapat meningkatkan keselamatan karena gelombang tinggi itu bisa terjadi kapan saja tergantung arah dan kecepatan angin yang bertiup," ujarnya.

Sementara itu, berdasarkan pantauan satelit cuaca, kondisi daratan Babel rata-rata masih berpotensi diguyur hujan.

"Tiga kabupaten dan kota diprediksi tidak akan turun hujan sedangkan yang lainnya akan diguyur hujan. Diimbau tetap meningkatkan kewaspadaan karena kondisi cuaca bisa saja cepat berubah terutama dalam skala lokal," katanya.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini