nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gunung Gamalama Meletus, Ternate Siaga Darurat Bencana Abu Vulkanis

Narjo Usman, Jurnalis · Kamis 04 Agustus 2016 21:46 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2016 08 04 340 1455466 gunung-gamalama-meletus-ternate-siaga-darurat-bencana-abu-vulkanis-l5fFwREc6k.jpg Gunung Gamalama Meletus (BNPB)

TERNATE – Dampak erupsi Gunung Gamalama, Kota Ternate, Maluku Utara, abu vulkanis terus menghujani warga di daerah tersebut sejak Rabu 3 Agustus 2016. Wali Kota Ternate, Burhan Abdurahman, langsung menerbitkan surat keputusan (SK) menetapkan Ternate siaga darurat abu vulkanis.

Burhan Abdurahman mengatakan, dibentuk tim siaga darurat untuk tetap memantau kondisi di lapangan dengan intens berkoordinasi dengan pihak terkait, dalam hal ini Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG ) Pos Pengamatan Gunung Gamalama. Hal itu guna meng-update informasi terkait status Gunung Api Gamalama.

“Anggota yang tergabung dalam tim siaga darurat ini, berbagai unsur yakni Polri, TNI, lembaga vertikal lain, serta pemerintah untuk melakukan pemantauan, baik di lokasi titik-titik rawan atas dampak erupsi Gunung Api Gamalama,” kata Burhan kepada wartawan di Ternate, Kamis (4/8/2016).

(Baca Juga : Ini Tiga Bandara Alternatif, Akibat Gunung Gamalama Meletus)

Menurutnya, siaga darurat diberlakukan selama dua minggu. Karena itu, tim darurat selalu stand by, baik di titik-titik rawan untuk mengevakuasi masyarakat jika erupsi Gunung Galamala terus terjadi.

“Mudah-mudahan aktivitas gunung api terus menurun sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan. Tapi dengan kondisi ini, tim sudah siap di lapangan untuk melakukan evakuasi jika erupsi gunung api Gamalama ini terus terjadi,” tuturnya.

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini