nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jelang HUT RI, Disdik Lubuklinggau Siapkan 75 Paskibraka

ant, Jurnalis · Jum'at 05 Agustus 2016 13:13 WIB
https: img.okeinfo.net content 2016 08 05 65 1455810 jelang-hut-ri-disdik-lubuklinggau-siapkan-75-paskibraka-gsi58nPJLh.jpg Foto: Dok. Okezone

LUBUKLINGGAU – Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Lubuklinggau, Sumatera Selatan, menyiapkan 75 siswa yang terpilih menjadi anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) pada upacara hari ulang tahun (HUT) ke-71 kemerdekaan RI di sana.

Kepala Disdik Kota Lubuklinggau, Erwin Armeidi, mengatakan bahwa 75 siswa-siswi dari beberapa SMA di sana telah terpilih menjadi anggota Paskibraka 2016 melalui seleksi ketat yang sebelumnya diikuti ratusan pelajar.

"Kami menyiapkan anggota Paskibraka itu berdasarkan kegiatan rutin setahun sekali untuk memperingati HUT Kemerdekaan RI sesuai permintaan Wali Kota Lubuklinggau SN Prana Putra Sohe," ujarnya, mengutip dari Antara, Jumat (5/8/2016).

Ia mengatakan, selama menjalani pemusatan latihan, anggota Paskibraka diberikan dispensasi materi pelajaran, karena kegiatan yang dilaksanakan para pelajar tersebut merupakan bagian dari tugas.

"Materi pelajaran nanti diatur dengan memberikan pelajaran tambahan khusus kepada para anggota Paskibraka tersebut, dan tidak merugikan mereka," sebutnya.

Para anggota Paskibraka Kota Lubuklinggau juga siap dicadangkan untuk mengikuti upacara bendera di tingkat Provinsi Sumatera Selatan bila ada permintaan dari Disdik Provinsi.

"Anggota Paskibraka yang sudah dipersiapkan itu rata-rata masih duduk pada kelas X dan XI tingkat sekolah menengah atas (SMA), dicadangkan pada pengibar dan penurunan bendera pada pelaksanaan HUT kemerdekaan yang dipusatkan di Kelurahan Kayu Ara setempat pekan depan," tuturnya.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Lubuklinggau HM Hidayat Zaini menjelaskan, ke-75 pelajar putra dan putri tersebut mulai Rabu 3 Agustus masuk pemusatan latihan di Lapangan Kayu Ara.

Ia mengatakan, mereka akan mengikuti pemusatan latihan selama 12 hari terhitung sejak 3-15 Agustus 2016. Mereka akan dilatih oleh pelatih gabungan, yaitu TNI dan Polri, staf Dispora, dan satu orang purna-Paskibraka.

"Para anggota Paskibraka itu digejot latihan setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 16.00 WIB sehingga mereka betul-betul mahir dalam menjalan tugas pada puncak HUT ke-71 kemerdekaan RI pekan depan," tukasnya. (ira)

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini