nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Militer Rusia Ungguli 21 Negara di Army Games

Randy Wirayudha, Jurnalis · Sabtu 06 Agustus 2016 12:30 WIB
https: img.okeinfo.net content 2016 08 06 18 1456767 militer-rusia-ungguli-21-negara-di-army-games-D3c46IjvBx.jpg IAG 2016 tidak hanya diperuntukkan personel militer pria, tapi juga wanita (Foto: Kementerian Pertahanan Rusia)

ST PETERSBURG – Di saat Brasil tengah menggelar olimpiade musim panas di Rio de Janeiro, Rusia juga tengah menggelar kompetisi serupa. Bedanya, olimpiade khusus ini mengikutsertakan ribuan tentara yang diadakan sejak 30 Juli lalu hingga 13 Agustus mendatang.

Ya, International Army Games (IAG) 2016 kini sudah menjalani sepekan penyelenggaraan yang berlokasi di situs-situs latihan militer Rusia di tiga distrik militer mereka; barat, selatan dan tengah. Mulai dari Siberia ke Kaliningrad, serta St. Petersburg hingga Sevastopol di Krimea.

“Dari hasil berbagai babak penyisihan, tim Rusia yang terlibat di semua perlombaan, berada di peringkat pertama,” tutur Ketua Wasit IAG, Dmitry Gorbatenko, dikutip RBTH, Sabtu (6/8/2016).

“Tim Pasukan Pembebasan Rakyat China (militer China) di tempat kedua dan tim Kazakhstan di posisi ketiga. Semua cabang kompetisi sudah dimulai dan jalannya persaingan sangat panas,” imbuhnya.

Mengenai ajang yang diprakarsai Kementerian Pertahanan (Kemenhan) Rusia, sedianya Rusia mengundang 47 negara. Termasuk Amerika Serikat dan negara-negara Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO).

Namun dari perwakilan NATO, hanya Yunani yang memenuhi undangan. Itu pun militer Yunani hanya mengikuti cabang Sniper Frontier.

Gelaran IAG 2016 kali ini diikuti 22 negara, termasuk tuan rumah Rusia, tim yang ikut ambil bagian berjumlah total 121 tim dari 22 negara kontestan. Di samping itu, sembilan negara, termasuk Indonesia, hanya datang sebagai observer atau negara pengamat.

Di sisi lain meski tajuknya Army Games, namun setidaknya perhelatan ini juga mengikutsertakan beberapa cabang untuk para personel Angkatan Laut termasuk Marinir dan Angkatan Udara (AL dan AU). Di antaranya Open Water, Sea Cup, Aviadarts, Airborne Platoon dan Depth.

Berikut Data dan Fakta IAG 2016:

Cabang

Negara Kontestan: Rusia, Kazakhstan, China, Venezuela, Angola, Belarusia, Mesir, Iran, Azerbaijan, Zimbabwe, Armenia, Mongolia, India, Serbia, Kuwait, Kirgyzstan, Nikaragua, Tajikistan, Afrika Selatan, Vietnam, Maroko, Yunani.

Negara Pengamat: Indonesia, Jerman, Kuba, Israel, Namibia, Austria, Myanmar, Aljazair, Arab Saudi.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini