Pertempuran 100 Hari Hingga Mundurnya Nixon Akibat Skandal Watergate

Puti Anggraini Fanfudi, Okezone · Senin 08 Agustus 2016 05:04 WIB
https: img.okezone.com content 2016 08 07 18 1457390 pertempuran-100-hari-hingga-mundurnya-nixon-akibat-skandal-watergate-W6dqPzXUGF.jpg Pertempuran 100 hari atau Amiens. (Foto: Australian War Memorial)

PERANG Dunia I dan II tercatat sebagai peristiwa bersejarah yang terus dibicarakan orang hingga kini. Namun tidak banyak yang tahu, perjalanan tentara sekutu hari ini 98 tahun yang lalu memantik perang berkepanjangan antara beberapa negara.

Selain Perang Dunia, panggung politik Amerika Serikat kerap menjadi sorotan masyarakat dunia. Hari ini, 42 tahun yang lalu, sejarah mencatat satu pemimpin Negara Adidaya tersebut mengundurkan diri akibat skandal politik, Watergate.

Simak beberapa peristiwa penting dalam sejarah dunia seperti Okezone kutip dari History, Senin (8/8/2016) berikut ini.

1918. Hari Pertama Pertempuran Amiens.

Battle of Amiens atau Pertempuran Amiens, Prancis adalah pertempuran antara tentara Sekutu melawan Jerman dalam Western Front (sebutan lain Perang Dunia I atau PD I) di Sungai Somme, Prancis. Saat itu, tentara Sekutu melaju lebih dari 11 km dalam satu hari, dan itu merupakan pergerakan terbesar dalam sejarah perang. Hari ini merupakan hari pertama dalam pertempuran 100 hari dalam PD I.

Peristiwa Battle of Amiens. (Foto: 15th Batallion CEF)

1942. Eksekusi Penyabot Jerman di Washington

Semasa Perang Dunia II, dua tim penyabot Jerman secara diam-diam memasuki wilayah Amerika Serikat (AS) dengan misi untuk menyerang infrastruktur sipil negara itu. Pada hari ini 74 tahun lalu, enam dari delapan orang anggota tim itu dieksekusi oleh pemerintah AS. Dua lainnya dipenjara dan tidak dieksekusi, karena membantu mengungkapkan rencana mereka kepada FBI dan membantu otoritas AS dalam perburuan kolaborasi dua tim itu. Mereka semua diperintah oleh pemimpin Nazi, Adolf Hitler untuk ‘mengendap’ ke negeri Paman Sam dan merusak tanaman industri, jembatan, rel kereta, bendungan, dan pusat perbelanjaan milik Yahudi.

 Delapan pelaku sabotase AS utusan Nazi. (Foto: NWW2M)


1945. Truman Tandatangani Piagam PBB

Presiden AS ke-33, Harry S. Truman pada hari ini 71 tahun lalu menandatangani Piagam PBB. Dengan itu, AS menjadi negara pertama untuk menyelesaikan proses ratifikasi dan secara resmi bergabung dengan organisasi internasional baru. Meskipun PBB diharapkan akan bertindak sebagai ‘wasit’ dari sengketa internasional, organisasi itu juga sebagai panggung untuk beberapa perselisihan Perang Dingin.

Presiden Truman menandatangani Piagam PBB. (Foto: IRC Philiphines)

1945. Soviet Menyatakan Perang Terhadap Jepang

Hari ini 71 tahun lalu, Uni Soviet secara resmi menyatakan perang melawan Jepang dengan mengerahkan lebih dari satu juta tentara Soviet ke Manchuria, China. Manchuria merupakan daerah pendudukan Jepang sebagai negara bonekanya, yang disebut Manchukuo. Soviet sangat menginginkan Manchuria karena politik untuk membuat pelabuhan yang terbebas dari pembekuan akibat musim dingin.

The New York Times tahun itu kabarkan deklarasi perang Rusia terhadap Jepang. (Foto: Tomato Bubble)

1965. Kebakaran Tambang Batubara, 262 tewas

Sebanyak 262 orang tewas karena terjebak dalam kebakaran tambang batubara di Marcinelle, Belgia. Bencana ini merupakan yang terparah dalam sejarah penambangan Belgia. Banyak sekali perubahan kebijakan akibat tragedi menyedihkan itu. Kebakaran itu bermula ketika tiba-tiba api keluar dari bagian bawah penambangan dan menyebar ke seluruh pertambangan. Semua 262 pegawai tambang terjebak. Evakuasi para korban berlangsung selama dua pekan, dengan keluarga para penambang menunggu di atas lokasi. Kata memilukan dari tim evakuasi untuk para keluarga yang selalu terngiang adalah “tutti cadaveri” yang dalam bahasa Italia berarti “semuanya mayat”.

Saat itu, 262 tewas terjebak dalam kebakaran tambang batubara Belgia. (Foto: Dinge en Goete)

1974. Presiden AS Ke-37 Mengundurkan Diri

Dalam sejarah AS, Richard M. Nixon menjadi presiden AS pertama yang mengundurkan diri. Pengunduran diri presiden AS ke-37 itu ditayangkan secara langsung di seluruh saluran televisi AS. Nixon akhirnya ‘tunduk’ pada masyarakat dan keputusan kongres yang menekannya untuk meninggalkan Gedung Putih atas pendakwaan keterlibatan Nixon dalam skandal Watergate, yaitu sebutan untuk serangkaian skandal politik di AS. Dalam pidato pengunduran dirinya itu, dia berkata dengan sungguh-sunguh, “dengan mengambil langkah ini, saya harap saya akan mempercepat dimulainya proses penyembuhan yang sangat dibutuhkan Amerika.”

Pidato pengunduran diri Presiden Richard M. Nixon dalam sebuah acara stasiun televisi AS. (Foto: C-Span)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini