Pemkot Ternate Bongkar Pasar Gamalama

ant, · Senin 08 Agustus 2016 11:10 WIB
https: img.okezone.com content 2016 08 08 340 1457763 pemkot-ternate-bongkar-pasar-gamalama-HknMOyPUlp.jpg ilustrasi (Foto: Dok. Okezone)

TERNATE - Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate, Maluku Utara membongkar seluruh bangunan Pasar Gamalama yang selama ini menjadi pusat perbelanjaan masyarakat Ternate.

"Setelah pembongkaran bangunan Pasar Gamalama lama ini, Pemerintah Kota Ternate berencana akan membangun Gamalama Plaza empat lantai, satu lantai dipergunakan sebagai lantai basemen, sedangkan lantai 2,3,4 dijadikan sebagai kawasan pertokoan untuk barang-barang elektronik," kata Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Ternate Risval Tri Budianto di Ternate, Senin (8/8/2016).

Oleh karena itu, dengan pembangunan Gamalama Plaza ini bisa menampung semua pelaku usaha baik pedagang lokal di Ternate maupun investor yang mau masuk di Kota Ternate.

Dia mengatakan, pembongkaran bangunan Pasar Gamalama lama sudah dilakukan sejak beberapa hari lalu namun, terhambat kondisi cuaca sehingga belum dilakukan pembongkaran.

"Selama dua hari ini, cuaca sudah mulai membaik, maka kita mulai melakukan pembongkaran yang dimulai pada Jumat (5/8) akhir pekan, kalau tidak ada halang mungkin pembongkaran ini dilakukan selama dua minggu ke depan," katanya.

Ia pun mengusulkan pembangunan fisik pada 2017 sebesar Rp50 miliar, sedangkan anggaran pembongkaran bangunan Pasar Gamalama Rp100 juta.

"Saya mengimbau pedagang yang berada di sekitar lokasi pembongkaran untuk menghentikan sementara aktivitas pada saat pembongkaran selama sepekan," katanya.

Sementara itu, sejumlah pedagang yang biasanya menggunakan Pasar Gamalama sebelum dibongkar telah direlokasi ke sejumlah lokasi lainnya seperti Pasar Higinies dan Pasar belakang Masjid Raya Al-Munawwar.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini