China Bangun Hanggar Pesawat di Wilayah Sengketa LCS

Wikanto Arungbudoyo, Okezone · Selasa 09 Agustus 2016 14:27 WIB
https: img.okezone.com content 2016 08 09 18 1458996 china-bangun-hanggar-pesawat-di-wilayah-sengketa-lcs-ry3uHkvvPM.jpg Gugus karang Mischief di Pulau Spratly, Laut China Selatan (Foto: Reuters)

WASHINGTON – Putusan Mahkamah Arbitrase Internasional (PCA) terkait Laut China Selatan (LCS) tampaknya tidak berpengaruh banyak pada China. Negeri Tirai Bambu telah menolak putusan tersebut. Kini, mereka disebut-sebut telah membangun hanggar pesawat di salah satu pulau di LCS.

Menurut Center for Strategic and International Studies (CSIS), citra satelit pada akhir Juli mengungkap Beijing telah membangun hanggar di gugusan karang Fiery Cross, Subi, dan Mischief di Pulau Spratly. Hanggar-hanggar tersebut diyakini akan digunakan untuk memarkir jet tempur China.

“Kecuali untuk kunjungan singkat pesawat transportasi militer ke Fiery Cross, tidak ada bukti lainnya Beijing telah menebar pesawat militer ke pos-pos tersebut. Tapi, pesatnya pembangunan hanggar pesawat di tiga tempat itu menunjukkan adanya perubahan,” terang laporan badan yang berpusat di Washington, Amerika Serikat (AS), sebagaimana dikutip Reuters, Selasa (9/8/2016).

“Hanggar-hanggar tersebut jauh lebih besar daripada yang pernah Anda buat untuk penerbangan sipil. Tampaknya, mereka siap untuk melakukan serangan,” sambung Direktur Inisiatif Transparansi Maritim Asia untuk CSIS Gregory Poling. Fasilitas lainnya yang dibangun adalah menara dan struktur berbentuk heksagonal di tiga tempat tersebut dalam beberapa bulan terakhir.

China berulang kali menyatakan, Spratly termasuk dalam wilayahnya sehingga berhak melakukan apa pun di sana. Kementerian Pertahanan China berdalih pembangunan di Pulau Spratly beserta gugus karangnya adalah untuk berbagai tujuan, tidak hanya berguna bagi militer, tetapi juga bagi kebutuhan warga sipil.

(wab)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini