Kak Seto: Guru Belum Siap Full Day School

Koran SINDO, · Selasa 09 Agustus 2016 13:14 WIB
https: img.okezone.com content 2016 08 09 65 1458907 kak-seto-guru-belum-siap-full-day-school-EaZqjz70sJ.jpg Ilustrasi Foto: dok. Okezone.

JAKARTA - Wacana penerapan sekolah sepanjang hari (full day school) memicu kontroversi. Pemerintah pun diminta membuat kajian mendalam sebelum menerapkan konsep tersebut di semua sekolah negeri dan swasta.

Psikolog Seto Mulyadi mengingatkan, dengan waktu belajar hingga pukul 13.00 WIB seperti saat ini, sudah banyak murid mengeluh hingga kemudian bosan ke sekolah. Dengan fakta seperti, dia mengatakan tidak setuju dengan rencana full day school yang dicetuskan Mendikbud Muhadjir Effendy itu.

Menurut pencipta karakter Si Komo ini, kebosanan siswa terjadi karena sekolah dan gurunya belum siap memberikan pendidikan apa kepada anak pada jam tambahan dalam konsep full day school tersebut.

"Apakah selama ini sudah ada pelatihan kepada guru tentang bagaimana cara mendidik anak, itu pun dipertanyakan; sebab semakin banyak guru yang mendidik anak didiknya dengan kekerasan mulai mencubit hingga memukul di jam pelajaran," ujar Seto.

Dia menegaskan, seharusnya bukan anak yang terkurung lama di sekolah yang membosankan atas nama pendidikan karakter seperti konsep full day school. Sebaliknya, pemerintahlah yang harus memberikan pendidikan informal kepada orangtua sehingga bisa lebih dekat dengan anak.

"Apalagi, Kemdikbud sudah membentuk Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga," pungkasnya.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini