nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Terlalu Banyak Pengangguran, Lampung Timur Galakan Budaya Malu

Tri Purna Jaya, Okezone · Kamis 11 Agustus 2016 07:24 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2016 08 11 340 1460643 terlalu-banyak-pengangguran-lampung-timur-galakan-budaya-malu-Roqcju1mex.jpg Ilustrasi (Foto: Okezone)

LAMPUNG TIMUR - Pemerintah Daerah (Pemda) Lampung Timur meluncurkan Gerakan Malu Menganggur, Rabu 10 Agustus 2016. Gerakan moral ini diadakan karena banyak pengangguran di kabupaten tersebut.

Kepala Dinas Sosial, Tenaga Kerja, dan Transmigrasi Lampung Timur Budi Yul menjelaskan, program gagasan Bupati Lampung Timur Chusnunia ini dibuat karena hingga saat ini jumlah penganggur di kabupaten itu termasuk besar.

"Jumlahnya mencapai 49 ribu lebih. Sasaran kami dalam program ini adalah pemuda dan anak baru lulus sekolah yang menganggur," katanya saat dihubungi lewat sambungan telefon, Rabu (10/8/2016) sore.

Program ini, kata Yul, akan dilaksanakan di seluruh desa dengan melibatkan pamong setempat. Salah satu usaha untuk mengurangi pengangguran, katanya, yakni dengan menyalurkan para pengganggur bekerja di luar negeri sebagai Tenaga Kerja Indonesia (TKI).

Untuk itu, Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) pun melakukan sosialisasi kebijakan penempatan dan perlindungan tenaga kerja Indonesia.

Yul berharap, dengan adanya program itu dapat melatih para pengganggur dengan keterampilan yang dibutuhkan dunia kerja.

"Kami juga nantinya memberikan bantuan subsidi sesuai anggaran berupa alat keterampilan," katanya.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini