Share

Sudah Divonis Bebas, Pembuat Pancagila Akan Kembali Disidang

Erie Prasetyo, Okezone · Kamis 11 Agustus 2016 09:44 WIB
https: img.okezone.com content 2016 08 11 340 1460700 sudah-divonis-bebas-pembuat-pancagila-akan-kembali-disidang-nuVJmMpVk2.jpg Ilustrasi (Okezone)

MEDAN – Sahat S Gurning, si pembuat "Pancagila" yang sempat menghebohkan dunia maya direncanakan kembali disidangkan di Pengadilan Negeri (PN) Balige, Sumatera Utara.

Padahal sebelumnya, Sahat sudah divonis bebas oleh majels hakim PN Balige dalam kasus dugaan penghinaan lambang negara Garuda Pancasila pada Rabu, 3 Agustus 2016.

Menurut Sahat, dirinya akan kembali didakwa jaksa penuntut umum (JPU) dalam tuntutan yang sama pada 24 Agustus 2016.

"Benar, tanggal 24 bulan ini (Agustus) sidangnya. JPU memperbarui dakwaannya dan pasal yang ditetapkan sama. Tapi, JPU memperbarui tanggal-tanggal (waktu) foto barang buktinya," jelas Sahat melalui pesan singkat, Kamis (11/8/2016).

(Baca Juga : Pengubah Pancasila Divonis Bebas Jadi Angin Segar Demokrasi)

Saat ini, Sahat menyatakan sedang mempersiapkan diri untuk sidang di PN Balige mendatang.

"Hari Jumat (besok) kami akan mengadakan konferensi pers di Medan. Nanti akan dijelaskan tim kuasa hukum soal persiapan sidang," tutur Sahat.

Sebelumnya diberitakan, Sahat ditangkap Polres Tobasa dengan tuduhan melakukan penghinaan terhadap dasar negara, Pancasila, pada 12 April 2016. Pasalnya, Sahat mengunggah pelesetan Pancasila di akun Facebook pribadinya. Dalam foto yang diunggah di Facebook, Sahat berpose menendang dinding yang dilukis gambar mirip lambang negara Garuda Pancasila.

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini