Pembangunan Tembok Pembatas Daerah Ranjau

Puti Anggraini Fanfudi, Okezone · Sabtu 13 Agustus 2016 07:05 WIB
https: img.okezone.com content 2016 08 12 18 1462454 pembangunan-tembok-pembatas-daerah-ranjau-Z1nyNCtrVi.jpg (Foto: Playbuzz)

HARI ini tepat 55 tahun dimulainya pembangunan tembok pembatas oleh Republik Demokratik Jerman. Tembok itu adalah Tembok Berlin, yang menyimpan sejarah pembentuk pemerintahan komunis sekaligus simbol atas kekalahan Jerman pada Perang Dunia II (PD II). Selain pembangunan tembok pembatas daerah terlarang itu, banyak peristiwa bersejarah lain yang terjadi, mulai dari sejarah perang dunia, seni, hingga olahraga.

Berikut ini enam dari beberapa peristiwa bersejarah di dunia sebagaimana dikutip Okezone dari History, Sabtu, (13/8/2016).

1899. Alfred Hitchcock Lahir

Alfred Hitchcock, master pembuatan film mengerikan hari ini 117 tahun lalu telah lahir. Teknik penyutradaraannya yang inovatif dan penguasaan ketegangan dari film yang dibuatnya membuat putra pedagang bahan makanan itu menjadi salah satu pembuat film terpopuler dan berpengaruh pada abad ke-20. Popularitas Hitchcock melonjak ke dunia internasional setelah ia berhasil menyutradarai kisah thriller-nya, yaitu The Man Who Knew Too Much (1934), The 39 Steps (1935), dan The Lady Vanishes (1938). Uniknya, pria kelahiran London itu mengambil jurusan teknik saat kuliah, dan pengetahuan akan seninya hanya ia dapat ketika mengikuti les seni di University of London.

 

Alfred Hitchcock. (Foto: TV Tropes)


1940. Memanasnya Battle of Britain

Hari ini 76 tahun lalu, pasukan udara Jerman menjatuhkan bom di bagian selatan Inggris. Sejak saat itu, peperangan di Inggris yang dikenal sebagai Battle of Britain meningkat. Pasukan Jerman menyebut peristiwa itu Hari Elang, ialah hari pertama kampanye Luftwaffe (angkatan udara Jerman) menghancurkan Pasukan Udara Inggris. Jerman juga menggulingkan stasiun radar Inggris dalam persiapan Operation Sea Lion, yaitu invasi amfibi Inggris. Peristiwa tersebut mengakibatkan Inggris kehilangan 13 prajurit yang tewas di udara dan 45 tewas di darat. Para sejarawan mengatakan peristiwa itu merupakan kesalahan monumental Jerman.

Pesawat utusan Nazi mengudara dalam Pertempuran Inggris (Battle of Britain). (Foto: WIkipedia)

1961. Pembangunan Tembok Berlin

Usai kekalahan Jerman pada Perang Dunia II (PD II), tentara Jerman mulai memasang bata dan kawat berduri sebagai batas antara Berlin Barat dan Berlin Timur serta daerah Jerman Timur lainnya, yang disebut sebagai Tembok Berlin. Bangunan tersebut dirancang untuk meniadakan akses dari Berlin Timur menuju Berlin Barat, karena banyaknya pemuda Berlin Timur yang berpindah dan menyebabkan ekonomi mereka kedodoran. Oleh karena itu, daerah Berlin Barat dikutuk menjadi daerah terlarang oleh pemerintahan daerah lawan. Namun pada 1989, bangunan pembatas daerah yang dipasang banyak ranjau itu diruntuhkan. Peristiwa monumental itu juga menjadi simbol runtuhnya komunisme.

Orang-orang Berlin Barat berkumpul sementara prajurit Jerman Timur sedang berpatroli. (Foto: BBC)

1966. Pangeran Sihanouk Kritik Amerika Serikat (AS)

Pangeran Norodom Sihanouk, mantan raja Kamboja mengkritik AS mengenai serangan Thlock Track, yaitu desa di Kamboja dekat dengan perbatasan Vietnam Selatan. Sihanouk rutin menentang AS dan sekutu Vietnam Selatan atas pelanggaran perbatasan, karena mereka diam-diam mengizinkan pasukan komunis menggunakan teritorial raja negara nonblok itu untuk transit, menyediakan sampah dan sebagai daerah pangkalan. Sihanouk sendiri dikenal bersahabat akrab dengan presiden pertama Indonesia, yaitu Ir Soekarno yang sama-sama mengupayakan politik bebas aktif dan antiimperialisme.

Pangeran Sahanouk (kiri) bersama Presiden Soekarno (kanan). (Foto: Getty Images)

1995. Bintang Legendaris Yankee Meninggal Dunia

Mantan bintang tim bisbol Yankee New York, Mickey Mantle pada hari ini 21 tahun lalu meninggal dunia akibat kanker hati. Ia meninggal di usia 63 tahun. Atlet yang kerap disapa The Mick itu merupakan atlet bisbol profesional AS yang terkenal dengan pukulan-pukulan kerasnya. Ia masuk ke dalam daftar National Baseball Hall of Fame pada 1974 dan dipilih sebagai Tim Major League Baseball All Century pada 1999.

 

Mickey Mantle pada 1952. (Foto: Wikipedia)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini