nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menristek Dikti Seleksi Inovasi Perguruan Tinggi untuk Dunia Industri

Rus Akbar, Jurnalis · Jum'at 12 Agustus 2016 15:21 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2016 08 12 65 1462039 menristek-dikti-seleksi-ivonasi-perguruan-tinggi-untuk-dunia-industri-i3W8UGjK66.jpg Foto: Rus Akbar/Okezone

PADANG – Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Muhammad Nasir tahun ini menargetkan 29 inovasi menjadi industri. Hal itu disebabkan selama ini inovasi-inovasi perguruan tinggi banyak yang tidak dipakai oleh dunia industri.

“Yang harus dilakukan adalah invendor ini harus kita hilirkan kepada industri karena inovasi-inovasi memiliki nilai tambah perguruan tinggi. Saat ini banyak industri banyak industri yang tidak mengetahui seorang invendor atau inovator maka ada media yang namanya kita mempertemukan antara pengusaha dengan inovator,” katanya usai memberikan kuliah umum kepada mahasiswa baru pascasarjana di Gedung Convention Hall Universitas Andalas (Unand) Padang, Jumat (12/8/2016).

Menteri Nasir menuturkan, tujuan hasil inovasinya yakni bisa masuk industri. Ini dinilai hal yang sangat penting supaya memberikan nilai tambah ke sebuah perguruan tinggi. “Riset-riset itu akan menghasilkan manfaat kepada masyarakat,” ujarnya.

Nasir menargetkan pada tahun ini ada 29 inovasi yang sudah menjadi industri. Pada akhir Juli ada 24 hasil inovasi yang diseleksi dan dikumpulkan. “Mudah-mudahan menjadi industri betul ini sudah saya ketemukan dengan industri. Nanti saya akan cek pada akhir tahun apakah 40 unit bisa menjadi industri betul,” ujarnya.

Satu contoh, Sabtu ini Menristek Dikti akan cek kapal datar yang dihasilkan penelitihan perguruan tinggi yaitu Universitas Indonesia dengan industri pemula berbasis teknologi. “Kalau ini bisa dilakukan industri bergerak akan lebih baik, untuk itu saya minta Unand juga punya inovasi yang bisa kita hilirkan ke dunia industri, kalau enggak manfaat dari sebuah inovasi berarti tidak ada nilai tambah bagi masyarakat,” katanya. (afr)

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini