Warga Turki Ikuti Upacara HUT RI di Masjid Al-Akbar Surabaya

ant, · Rabu 17 Agustus 2016 12:38 WIB
https: img.okezone.com content 2016 08 17 519 1465963 warga-turki-ikuti-upacara-hut-ri-di-masjid-al-akbar-surabaya-WwgbpqGuXL.jpg Masjid Al-Akbar Surabaya (Foto: Ist)

SURABAYA - Takmir dan komunitas di lingkungan Masjid Nasional Al-Akbar, Surabaya, Jawa Timur menggelar upacara bendera untuk pertama kalinya dalam rangka memperingati HUT ke-71 RI, Rabu (17/8/2016).

Dalam upacara itu, Ketua Takmir Masjid Al Akbar Surabaya, Endro Siswantoro, bertindak sebagai inspektur upacara membacakan amanat dari Gubernur Jatim, Soekarwo.

"Kami berharap acara yang baik ini menjadi tradisi yang baik bagi Masjid Al Akbar Surabaya untuk dilanjutkan dan ditingkatkan sebagai bukti kecintaan jamaah masjid pada Negara Indonesia," kata Endro.

Senada dengan itu, Humas Masjid Al Akbar, Helmy M Noor, mengatakan Upacara 17 Agustus di sekolah, instansi atau Istana Negara merupakan hal yang sudah biasa, namun kalau ada masjid yang melaksanakan Upacara 17 Agustus, tentu luar biasa.

"Masjid juga bisa menjadi gerakan kebangsaan. Dari masjid, kita bisa membangun pemahaman bersama agar masyarakat bisa menjaga NKRI dan membela Pancasila," katanya.

Dengan peringatan yang juga diikuti warga Turki itu, masjid tidak hanya sebagai tempat beribadah, namun juga sebagai sarana menumbuhkan rasa nasionalisme.

"Insya Allah, gerakan ini bisa mengikis isu fundamentalis dan terorisme secara pelan-pelan," katanya.

Upacara bendera HUT ke-71 RI itu diikuti 50 lapisan komunitas yang terdiri dari komunitas lansia, jantung sehat, komunitas pengatur shaf, komunitas guru agama, komunitas takmir, komunitas kebersihan masjid, komunitas pengajian dan warga Turki.

"Petugas-petugas upacara itu adalah satpam Masjid Al Akbar yang telah berlatih di bawah bimbingan polisi selama empat hari," katanya.

Para peserta nampak khidmat mengikuti upacara ini. Mereka menggunakan pakaian khas masing-masing seperti sarung dan peci bagi takmir, serta baju olahraga bagi komunitas lansia.

"Bagi kami, upacara mensyukuri kemerdekaan itu selaras dengan ikon Masjid Al Akbar yakni 17-8-45. Al Akbar memiliki 17 jendela kaca timah pada dinding masjid, lalu ornamen dan dekorasi masjid berbentuk segi-8, serta pintu Masjid Al Akbar ada 45 pintu," katanya.

Setelah upacara usai, acara dilanjutkan dengan lomba balap karung, lomba jalan bakiak dan balap membawa kelereng.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini