10 Muslimah Prancis Didenda karena Pakai Burkini

Silviana Dharma, Okezone · Kamis 18 Agustus 2016 12:05 WIB
https: img.okezone.com content 2016 08 18 18 1466670 10-muslimah-prancis-didenda-karena-pakai-burkini-Y2zBQbkNY7.jpg Ilustrasi. Muslimah kenakan burkini di pantai. (Foto: Fethi Belaid/AFP/Getty)

CANNES – Wali Kota Cannes, David Lisnard membuat keputusan yang terbilang kontroversial. Dia membuat kotanya menjadi yang pertama di Prancis dalam hal menangkapi para perempuan Muslim yang memakai burkini atau pakaian renang tertutup.

Sedikitnya 10 perempuan yang memakai burkini berusia antara 29-57 tahun ditangkap petugas patroli saat sedang bermain dengan anak-anak dan kerabatnya di pantai Riviera resort, Cannes di kawasan selatan Prancis pada Rabu 17 Agustus. Empat di antaranya dikenakan denda 36 euro atau Rp534 ribu.

Selain dikenai denda, sebagian besar mereka diberikan peringatan untuk memakai pakaian renang yang umum jika masih ingin berekresi dengan bebas di pantai. Para perempuan berburkini itu kemudian diminta angkat kaki dari kawasan wisata tersebut.

“Mereka adalah ibu-ibu muda dan para nenek. Mereka tidak percaya digolongkan sebagai penjahat (hanya karena atribut keagamaannya). Semua sangat sedih dengan cara pemerintah memperlakukan mereka,” kata dewan kota setempat, seperti dikutip dari Independent, Kamis (18/8/2016).

Di sisi lain, Lisnard tetap berkelit bahwa kebijakan larangan burkini tersebut baik untuk menjaga keselamatan penduduknya dari ancaman terorisme. “Saya mengambil keputusan ini untuk memastikan kota saya aman dalam konteks negara sedang berada dalam status darurat,” ujarnya.

Keputusan ini mendapat tentangan dari lawan-lawan politiknya. Kubu oposisi meyakini, tidak ada hubungannya pakaian seseorang dengan kekerasan politik. Apalagi para perempuan tersebut tidak sampai menutupi seluruh wajahnya dan menyisakan hanya sepasang mata saja. (Sil)

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini