Tabrak Mobil Petugas Imigrasi, 61 Warga Bangladesh Diringkus

ant, · Jum'at 19 Agustus 2016 18:44 WIB
https: img.okezone.com content 2016 08 19 340 1468192 tabrak-mobil-petugas-imigrasi-61-warga-bangladesh-diringkus-W1AkZaR8ap.jpg Ilustrasi imigran gelap yang diamankan Imigrasi (Okezone)

DUMAI - Sebanyak 61 warga Bangladesh diamankan petugas Imigrasi Kota Dumai di salah satu rumah, Jalan Garuda, Kelurahan Kampung Baru, Bukit Kapur Dumai.

Kepala Kantor Imigrasi Dumai, Zulkifli A, menjelaskan bahwa keberadaan warga asing itu terendus berkat informasi dari masyarakat, kemudian pihaknya melanjutkannya dengan menurunkan petugas ke lokasi tersebut.

Namun, operasi itu tidak berjalan mulus karena warga imigran itu memberikan perlawanan dan nekat menabrak mobil petugas Imigrasi dengan kendaraan yang ditumpangi sehingga beberapa orang berhasil kabur.

"Mereka menabrakkan mobilnya ke kendaraan petugas dan beberapa orang berhasil kabur, sedangkan 61 warga asing yang diamankan kini menjalani pemeriksaan di Kantor Imigrasi Dumai," kata Zulkifli, Jumat (19/8/2016).

Saat ini, kata dia, belum diketahui motif dan alasan atau tujuan puluhan warga Bangladesh itu berada di Dumai. Petugas terus melakukan pemeriksaan secara intensif dengan berkoordinasi Imigrasi Wilayah Provinsi Riau di Pekanbaru.

Hasil pemeriksaan sementara, lanjut dia, petugas tidak terkendala dengan bahasa karena beberapa dari warga asing itu menguasai bahasa Melayu dan terdapat sejumlah imigran ini tidak memiliki dokumen.

"Untuk sementara, belum dapat disimpulkan karena masih dalam pemeriksaan petugas," katanya lagi.

Informasi dihimpun wartawan, saat penangkapan, puluhan warga asing itu sedang menunggu tekong dan rencana mereka akan melanjutkan perjalanan menuju Malaysia.

Petugas Pemantau Orang Asing (Pora) Imigrasi saat ini masih melakukan pengejaran terhadap tekong yang membawa warga asing tersebut masuk ke Dumai. Dikabarkan, mereka melanjutkan perjalanan menuju Malaysia.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini