Image

Indonesia - Austria Sepakati Beasiswa Pascasarjana untuk Dosen

Iradhatie Wurinanda, Jurnalis · Jum'at, 19 Agustus 2016 - 12:57 WIB
Foto: Iradhatie/Okezone Foto: Iradhatie/Okezone

JAKARTA - Pemerintah Indonesia saat ini tengah gencar meningkatkan mutu dosen melalui pemberian beasiswa pascasarjana ke luar negeri. Kali ini, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) melalui Ditjen Sumber Daya Iptek Dikti (SDI) melakukan kerja sama dengan Austria untuk memberikan beasiswa pascasarjana kepada dosen.

Kerjasama tersebut ditandai dengan penandatanganan memorandum of understanding (MoU) antara Dirjen SDID Kemristekdikti, Ali Ghufron Mukti dengan Duta Besar Austria untuk Indonesia, Andreas Karabaczek. Kedua belah pihak sepakat memberi kesempatan 20 beasiswa penuh bagi dosen, baik untuk gelar master maupun doktor (PhD).

"Kami menandatangani MoU untuk kerjasama antara Indonesia dengan Austria. Ini merupakan penawaran spesial karena Austria memberikan kesempatan bagi pelajar dan peneliti Indonesia untuk belajar gratis tanpa biaya di kampus-kampus Austria," sebut Andreas di Gedung D Kemristekdikti, Jakarta, Jumat (19/8/2016).

Andreas mengaku, kerja sama yang dilakukan bersama Indonesia, termasuk kampus-kampus di Tanah Air sudah dilakukan sejak lama. Saat ini, tren mahasiswa Indonesia yang belajar di Austria juga semakin meningkat.

Sedangkan Dirjen SDID Kemristekdikti, Ali Ghufron Mukti menjelaskan, para penerima beasiswa akan mendapat 1.000 euro per bulan untuk biaya hidup dan akomodasi. Sedangkan terkait biaya kuliah dan keperluan akademis, seperti buku, seminar, tesis, akan ditanggung oleh pihak Austria.

"Dari 1.000 euro per bulan itu, 800 euro dari Indonesia dan 200 euro dari Austria. Untuk jaminan keluarga hanya satu anak," terangnya.

Ghufron menambahkan, kerja sama ini berlaku untuk lima tahun ke depan. "Kerja sama sebelumnya dengan pemerintah Austria sukses dan lancar. Semoga kesempatan ini bisa dimanfaatkan para dosen," pungkasnya. (afr)

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini

Live Streaming