Tim Olimpiade Komputer Indonesia Petik Prestasi di Rusia

Iradhatie Wurinanda, · Senin 22 Agustus 2016 14:13 WIB
https: img.okezone.com content 2016 08 22 65 1469851 tim-olimpiade-komputer-indonesia-petik-prestasi-di-rusia-1jEXQGClh4.jpg Foto: Ilustrasi

JAKARTA - Empat pelajar Indonesia berhasil menorehkan prestasi di ajang International Olympiade in Informatics (IOI) ke-28 yang diselenggarakan di Kazan, Rusia. Para siswa SMA tersebut berhasil mempersembahkan empat medali perunggu untuk dibawa pulang ke Tanah Air.

Perolehan prestasi yang dirasih siswa Indonesia tersebut masih lebih tinggi jika dibandingkan dengan Malaysia dan Filipina yang hanya memperoleh satu perunggu. Keberhasilan tersebut tidak lepas dari usaha tim yang terdiri atas Kwee Lung Sin dari SMA Karangturi Semarang, Muhammad Yusuf Sholeh dari SMA Al Irsyad Purwokerto, Sergio Vieri dari SMA Intan Permata Hati Surabaya, dan Stacia Edina Johanna dari SMA Petra 3 Surabaya.

Kendati demikian, perolehan medali siswa Indonesia masih berada di bawah capaian siswa dari Singapura yang hanya berhasil meraih satu emas, dua perak, dan satu perunggu, serta Thailand dengan satu perak dan tiga perunggu. Oleh sebab itu, pelatihan masih terus dilakukan agar perolehan medali emas di ajang IOI dapat lebih baik di tahun-tahun mendatang.

Selain kompetisi, pada ajang tersebut juga diselenggarakan The 10th IOI Conference. Pada konferensi tersebut, Indonesia mempresentasikan dua karya tulis dengan judul 'Reshaping Indonesian Students Training for IOI' oleh Inggriani Liem, dan 'Understanding an Unsolvable Problem' oleh Jonathan Irvin Gunawan.

Disitat dari siaran pers Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), Senin (22/8/2016), IOI ke-28 diikuti oleh 308 peserta dari 88 negara. Dari ratusan peserta itu, tidak ada yang mampu mencapai nilai sempurna (600). Skor tertinggi dicapai oleh wakil China, Ce Jin dengan nilai 597. Artinya, soal yang diberikan dalam IOI 2016 kali ini memang lebih sulit.

Pada IOI tahun ini, China berhasil keluar sebagai juara umum dengan memperoleh empat medali emas. Sedangkan tuan rumah, Rusia berhasil meraih tiga medali emas dan satu medali perak. (ira)

(rfa)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini