PM Turki Ragu Pengebom Pesta Pernikahan Berusia Remaja

Wikanto Arungbudoyo, Okezone · Selasa 23 Agustus 2016 01:01 WIB
https: img.okezone.com content 2016 08 23 18 1470482 pm-turki-ragu-pengebom-pesta-pernikahan-berusia-remaja-heFT8XM72u.jpg Polisi memasang garis kuning di sekitar lokasi pengeboman (Foto: Osman Orsal/Reuters)

ANKARA – Sebuah pesta pernikahan di Gaziantep, Turki diguncang serangan bom bunuh diri. Sedikitnya 54 orang tewas dan puluhan lainnya luka-luka dalam insiden tersebut. Kelompok militan ISIS dicurigai sebagai dalang di balik serangan tersebut karena Gaaziantep berbatasan dengan Suriah.

(Baca juga: Erdogan Curigai ISIS Dalang Bom di Pesta Pernikahan)

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan sempat menyatakan para pelaku pengeboman adalah remaja dengan usia antara 12-14 tahun. Pesta pernikahan tersebut diselenggarakan oleh salah satu anggota Partai Rakyat Demokratik Kurdi (HDP).

Sementara itu, seperti dimuat BBC, Selasa (23/8/2016), Perdana Menteri Binali Yildirim ragu bahwa pelaku masih berusia remaja. Sebab, otoritas Turki tengah menunggu hasil tes DNA untuk menentukan identitas pengebom bunuh diri.

Menurut laporan, sebanyak 29 korban tewas berusia di bawah 18 tahun. Salah satu pejabat setempat menuturkan, 22 orang di antaranya berusia di bawah 14 tahun. Mayoritas korban diketahui adalah anak-anak dan perempuan (13 orang).

Pihak Kejaksaan Agung menyatakan pemeriksaan juga tengah dilakukan kepada dua orang yang diyakini mengawal terduga pelaku ke pesta pernikahan tersebut. Namun, ia kabur hanya beberapa saat sebelum bom meledak.

(wab)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini