Dicurigai ISIS, Keluarga Muslim Diturunkan dari Pesawat

Silviana Dharma, Okezone · Rabu 24 Agustus 2016 12:01 WIB
https: img.okezone.com content 2016 08 24 18 1471760 dicurigai-isis-keluarga-muslim-diturunkan-dari-pesawat-vvURHjTLUO.jpg Kakak beradik Dharas. (Foto: Facebook/Express)

LONDON – Satu keluarga muslim yang terdiri dari seorang pria dan dua saudara perempuannya diturunkan dari pesawat tujuan Naples karena dicurigai sebagai teroris. Barang bawaan mereka dibongkar dan diperiksa ketat saat transit di Bandar Udara London.

Berangkat dari Stanstead, Kanada, ketiga bersaudara ini tidak dipermasalahkan. Namun saat tiba di London, seorang penumpang yang rasis melaporkan mereka kepada petugas. Dia bilang kalau Sakina Dharas dan kedua saudaranya tadi sempat mendapat pesan, seperti propaganda ISIS di ponselnya.

Gara-gara tuduhan itu, mereka diminta turun dari pesawat dan dibawa menghadap petugas kontra-terorisme. Seperti dilansir Express, Rabu (24/8/2016), ponsel yang dimaksud lantas diperiksa.

Hasil pemeriksaan petugas menunjukkan tidak ada sedikit pun jejak bahwa mereka terlibat kegiatan teroris maupun menjadi simpatisan ISIS. Satu-satunya hal yang mungkin memicu kecurigaan pelapor adalah aplikasi Alquran berbahasa Arab di ponselnya. Akan tetapi, Sakina menjelaskan dia bahkan tidak membukanya selama di perjalanan.

Akhirnya, setelah ditahan kurang lebih sejam, kakak beradik ini boleh melanjutkan penerbangannya. Sakina menyayangkan, penumpang rasis itu tidak ikut diperiksa oleh petugas. Orang itu bahkan tetap dibiarkan berada dalam pesawat setelah memfitnah keluarganya.

“Hal yang membuat saya kecewa adalah si penuduh tidak dibawa keluar dari pesawat dan ditanyai pada saat itu juga,” ujar Sakina.

Juru bicara easyJet membenarkan adanya insiden tersebut. Mereka juga sudah meminta maaf kepada para penumpang atas ketidaknyamanan ini. Meski begitu, sang jubir menjelaskan, isu keamanan bagaimanapun tetap menjadi prioritas mereka.

“Keselamatan dan keamanan para penumpang dan kru adalah prioritas tertinggi kami. Itu berarti, setiap ada masalah keamanan yang dilaporkan, kami harus menyelidikinya,” terang jubir easyJet.

(Sil)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini