nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Abrasi di Pesisir Selatan Yogyakarta Dipicu Penambangan Pasir

Markus Yuwono (Sindo Radio), Jurnalis · Rabu 24 Agustus 2016 10:27 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2016 08 24 510 1471689 abrasi-di-pesisir-selatan-yogyakarta-dipicu-penambangan-pasir-0HPrGoopfc.jpg Abrasi yang terjadi di pesisir Selatan Yogyakarta (Markus Yuwono/Sindo Radio)

YOGYAKARTA - Abrasi yang terjadi di pesisir pantai Selatan Bantul, Yogyakarta semakin bertambah parah setiap tahunnya. Menurut Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) Yogyakarta, salah satu pemicunya adalah penambangan pasir di bagian hulu.

Direktur Walhi Yogyakarta Halik Sandera mengatakan, akibat gencarnya penambangan pasir di di lereng Gunung Merapi dan aliran sungai-sungai, secara alamiah mengurangi suplai pasir ke laut.

"Laut itu juga butuh suplai pasir," kata dia saat dihubungi wartawan, Rabu (24/8/2016).

Padahal, menurutnya, ketika terjadi perubahan arus laut yang mengikuti arah pola angin, suplai pasir ke laut itu sangat diperlukan. "Begitu suplai pasir kurang, air akan naik ke daratan dan terjadi abrasi," ujarnya. 

Haliq menambahkan, pihaknya menyarankan agar pemerintah mengatur aktivitas penambangan pasir. Tindakan tegas terhadap pelaku penambangan pasir secara ilegal yang menggunakan berbagai cara untuk mendapatkan pasir juga diperlukan.  

"Tujuannya agar kebutuhan volume pasir yang secara alamiah diperlukan laut tetap terjaga," ujar dia.

Perlu diketahui, selama sepekan terakhir dampak abrasi di Pantai Depok, Kecamatan Kretek telah mengancam belasan bangunan yang berada di bibibr pantai.

(fds)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini