nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mahasiswa Surabaya Ciptakan Aplikasi Pengontrol Penggunaan Listrik

Syaiful Islam, Jurnalis · Jum'at 26 Agustus 2016 13:05 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2016 08 26 65 1473579 mahasiswa-surabaya-ciptakan-aplikasi-pengontrol-penggunaan-listrik-W3LVOcuF4X.jpg Foto: Syaiful Islam/Okezone

SURABAYA - Seorang mahasiswa di Surabaya, Jawa Timur bernama Mohammad Rivqi Amin berhasil membuat aplikasi pengontrol penggunaan listrik rumah tangga di platform Android.

Mahasiswa Jurusan Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya itu menjelaskan, alat tersebut secara otomatis bisa mengontrol penggunaan barang elektronik sesuai yang dikehendaki.

"Alat ini dapat mengatur kapan alat elektronik menyala dan mati sesuai waktu yang dikehendaki," ungkap Rivqi kepada awak media, baru-baru ini.

Dijelaskan Rivqi, software yang digunakan adalah milik Google yang ada di app inventor. Sementara untuk mengatur alat eletronik sehingga bisa hidup dan nyala secara otomatis ia menggunakan mikrokontroler Arduino.

“Saat ini hampir semua orang punya smartphone, jadi saya gunakan smartphone berbasis android,” ungkapnya.

Sementara untuk menjalankan program harus selalu online dengan cara menyamakan Internet Protokol (IP) dengan program aplikasi dan hanya bisa dioperasikan dalam lingkup sebuah rumah.

"Uji coba yang sudah saya lakukan hanya berjarak antara 20 sampai 30 meter, tapi ke depan akan dikembangan untuk bisa menjangkau wilayah yang lebih luas," imbuh Rivqi.

Sementara untuk membuat alat pengontrol listrik berbasis android tersebut harus merogoh kocek hingga Rp1 juta. Sebab harga Arduino dan ethernet shield yang merupakan komponen alat tersebut cukup mahal.

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini