nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Adu Sains Mahasiswa Melalui Pertamina Science Olympiad

Afriani Susanti , Jurnalis · Senin 29 Agustus 2016 12:56 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2016 08 29 65 1475644 adu-sains-mahasiswa-melalui-pertamina-science-olympiad-hRK1dtkZ2y.jpg Rakornas Pertamina Science Olympiad 2016. (Foto: Afriani S/Okezone)

JAKARTA - Pertamina Science Olympiad mengajak para mahasiswa untuk ikut serta mengasah kemampuan sains mereka, terutama bagi mahasiswa di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA). Ini merupakan nama baru yang digunakan dalam penyelenggaraan olimpiade sains yang kerap dikenal dengan Olimpiade Sains Nasional Pertamina (OSN Pertamina).

Pelaksanaan Pertamina Scince Olympiad ini sudah memasuki tahun kesembilan. Kompetisi ini diselenggarakan untuk memajukan pendidikan tinggi, khususnya di FMIPA.

"Supaya bisa mendekati apa yang dicita-citakan bersama," ungkap Ketua Pelaksana Pertamina Science Olympiad, Yasman, di Gedung Dikti, Jakarta, Senin (29/8/2016).

Yasman menuturkan, jika tahun sebelumnya ada batasan perguruan tinggi yang diundang, kini perguruan tinggi yang berpartisipasi akan lebih banyak, yakni sebanyak 60 perguruan tinggi. "Jadi sekira 60-an perguruan tinggi. Dekannya kami undang kemari untuk mendorong mahasiswa mereka mengikuti ajang ini," ujarnya.

Menurut Dekan FMIPA Universitas Indonesia (UI), Dr rer nat Abdul Haris, peserta yang bisa ikut tidak hanya dari kalangan mahasiswa FMIPA, namun juga dari berbagai jurusan. "Ini tidak dibatasi, siapa pun bisa mengikuti. Karena kompetisinya berbasis CBT, mereka bisa langsung mengerjakan soalnya di komputer. Jadi semua mahasiswa yang mau bisa mendaftar," ucapnya.

Hari ini pendaftaran sudah dibuka bagi mahasiswa yang berminat mengikuti Pertamina Science Olympiad. Pendaftaran dilakukan secara online di laman pertamina.com/osn dengan memilih registrasi. Setelah itu, peserta bisa mengikuti langkah selanjutnya dengan mengisi persyaratan yang diminta. Peserta juga diminta untuk membuat username dan password yang bisa digunakan untuk masuk ke dalam tes online CBT tersebut. Tes ini akan dilakukan pada 3 sampai 9 Oktober 2016

Semoga berhasil! (ira)

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini