MUI Bengkulu Ajak Umat Muslim Salat Gerhana

Demon Fajri, Okezone · Rabu 31 Agustus 2016 20:02 WIB
https: img.okezone.com content 2016 08 31 340 1478004 mui-bengkulu-ajak-umat-muslim-salat-gerhana-U51s3ArQNZ.jpg Ilustrasi Salat (foto: Okezone)

BENGKULU - Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Bengkulu, Zulkarnain Dali mengimbau masyarakat khususnya umat muslim agar bisa melaksanakan salat sunah gerhana, pada Kamis 1 September 2016 secara berjamaah.

Imbauan secara umum itu, lanjut Zulkarnain, lantaran sembilan daerah di Bengkulu dilintasi gerhana matahari cincin (GMC), menjelang matahari terbenam.

''Kita mengajak masyarakat Bengkulu, khususnya umat muslim dapat menjalankan salat gerhana matahari, besok sore,'' kata Zulkarnain, Rabu (31/8/2016).

Hal senada juga disampaikan, Wali Kota Bengkulu Helmi Hasan. Ia mengatakan, saat gerhana matahari cincin (GMC), jajarannya akan menggelar salat gerhana berjamaah di Masjid At-Taqwa, Kelurahan Anggut Bawah, Kecamatan Ratu Samban, Kota Bengkulu.

Salat gerhana, jelas dia, merupakan salah satu wujud untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT, dengan menunjukkan salah satu kekuasaan-Nya melalui GMC.

''GMC ini jarang terjadi maka kita mengimbau seluruh masyarakat Kota Bengkulu khususnya umat muslim untuk menggelar salat gerhana secara bersama. Kalau dari pemerintah kota akan menggelar salat gerhana di Masjid At-Taqwa,'' ajak Helmi.

Sebagaimana diketahui, sembilan daerah di Provinsi Bengkulu, Kamis besok bakal dilintasi jalur gerhana matahari cincin (GMC) total selama 16 menit hingga 34 menit.

Untuk kontak pertama atau saat piringan matahari mulai tampak tertutupi bulan, diperkirakan terjadi pada pukul 17.33 WIB di Kabupaten Kaur, Bengkulu Selatan. Kemudian, pada pukul 17.34 WIB-1736 WIB, di Kabupaten Seluma dan pukul 17.38 WIB GMC terjadi di Bengkulu Tengah dan Kota Bengkulu.

Selanjutnya, di Kabupaten Kepahiang pukul 17.39 WIB, pada pukul 17.41 GMC terjadi di Kabupaten Rejang Lebong dan Bengkulu Utara. Kontak pertama GMC di Kabupaten Lebong pukul 17.45 WIB.

Puncak gerhana atau saat piringan matahari tergerhanai paling maksimum, akan terjadi pada pukul 17.53 WIB di Kota Bengkulu, Kabupaten Lebong, Bengkulu Utara, Bengkulu Tengah, Rejang Lebong, Kepahiang dan Kabupaten Seluma. Sementara di Kabupaten Bengkulu Selatan dan Kaur, puncak GMC terjadi pada pukul 17.54 WIB.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini