Gerhana Matahari Cincin Terlihat Jelas Melalui Aplikasi Stellarium

Heri Fulistiawan, Sindo TV · Jum'at 02 September 2016 03:15 WIB
https: img.okezone.com content 2016 09 02 340 1479198 gerhana-matahari-cincin-terlihat-jelas-melalui-aplikasi-stellarium-MXGmGvi7d3.jpg Gerhana Matahari (Foto: Ilustrasi)

LAMPUNG SELATAN - Fenomena alam gerhana matahari cincin yang terjadi di Indonesia menjadi pantauan khusus. Pos Observasi Bukit Canti, Kabupaten Lampung Selatan memantau gerhana matahari cincin yang terjadi di Lampung tertutup kabut dan hanya dapat dilihat melalui aplikasi stellarium, dan gerhana hanya berlangsung selama 26 menit.

Pemantauan gerhana di Pos Observasi Bukit Canti, Kecamatan Rajabasa, Kabupaten Lampung Selatan, Lampung dihadiri oleh perwakilan Pengadilan Tinggi Agama, Kemenag Lampung Selatan, Ormas Islam, dan pengurus Badan Hisab Rukyat Lampung.

Dalam pantauannya, gerhana di Lampung terjadi pada saat matahari terbenam pukul 17.58 WIB, dengan ketinggian hilal minus 0 derajat 07’01, 32’. Sementara kedudukan matahari berada di 07 derajat 57’38, 33” di sebelah utara titik barat.

Sedangkan kedududukan hilal berada di 07 derajat 29’ 35, 12” di sebelah utara titik barat, dan posisi hilal di sebelah selatan matahari, dengan keadaan hilal di bawah ufuk.

Dengan melihat data tersebut, maka gerhana matahari cincin di Indonesia hanya terjadi gerhana separuh. Sedangkan gerhana total berbentuk cincin terjadi wilayah semenanjung Afrika Selatan.

Meski gerhana di Lampung tertutup kabut, namun dapat di pantau secara leluasa melalui aplikasi stellarium.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini