Sempat Tertangkap, Tim BKSDA Lepas Harimau Sumatera ke Habitatnya

Rus Akbar, Okezone · Jum'at 02 September 2016 11:10 WIB
https: img.okezone.com content 2016 09 02 340 1479430 sempat-tertangkap-tim-bksda-lepas-harimau-sumatera-ke-habitatnya-sMUfIrLtEu.jpg Harimau betina sumatera yang dilepas di Hutan Solok Selatan (Rus Akbar/Okezone)

PADANG - Seekor harimau Sumatera (panthera tigris) betina kembali dilepaskan oleh Tim Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA), Sumatera Barat.

Kasat Polisi Hutan (Polhut) BKSDA, Sumatera Barat Zulmi Guslur menjelaskan, harimau ini dilepas setelah mendapat perawatan di Taman Marga Satwa dan Budaya Kinantan (TMSBK) Bukittinggi, Sumatera Barat.

“Harimau ini dulu sekitar pada bulan Juni 2016 atau sebelum puasa masuk perangkap BKSDA, saat itu harimau betina tersebut masuk kampung dan warga meminta ke BKSDA untuk menangkapnya,” katanya pada Okezone, Jumat (2/9/2016).

Setelah mendapatkan perawatan di kebun binatang Bukittinggi, akhirnya tim gabungan BKSDA mengembalikan harimau yang berusia dua tahun itu ke habitatnya. “Kemarin itu ada tim dokternya, medisnya untuk memantau kondisi harimau, ada juga dari polisi hutan dan polisi setempat,” tuturnya.

Harimau tersebut dilepas dari kotak besi berwarna silver yang besar kemudian pintunya dibuka dan di arahkan ke hutan. Untuk memandu harimau masuk hutan, bagian kanan kiri diberi pagar plastik berwarna hitam.

“Semoga dia bisa dijaga warga setempat dan berkembang di hutan yang merupakan bagian dari Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS),” tutupnya.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini