nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Abrasi Pantai Selatan Yogya Kian Parah

Markus Yuwono, Jurnalis · Jum'at 02 September 2016 01:29 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2016 09 02 510 1479174 abrasi-pantai-selatan-yogya-kian-parah-U0rKKkl4Ez.jpg Abrasi (Foto: Ilustrasi)
 

YOGYAKARTA - Abrasi pantai selatan Yogyakarta kian parah sejak beberapa hari terakhir, dan mengancam warung makan di Pantai Depok, Parangtritis, Bantul.

Salah satu warga Pantai Depok, Dardi Nugroho mengatakan, sejak awal Agustus lalu hanya terjadi di sisi barat Tempat Pelelangan Ikan (TPI). Namun saat ini, sisi timur TPI yang diterjang gelombang pasang.

"Jika nanti terus berlangsung gelombang pasang nasib akan sama seperti rumah makan seafood sisi barat TPI yang sudah rusak," katanya saat dihubungi, Kamis (1/9/2016).

Puluhan warung disisi timur TPI hanya kurang dari 5 meter dari pantai. Sehingga ketika gelombang pasang berlangsung maka air laut beserta pasir masuk ke rumah makan seafood yang sebagian merupakan bangunan permanen.

"informasi dari BMKG gelombang tinggi masih akan terjadi dalam beberapa hari ke depan, maka banyak yang ronda malam," ucapnya.

Warga lainnya, Kawan mengatakan, gelombang tinggi terparah sejak sebulan ini terjadi pada tiga hari terakhir. Akibatnya muncul tebing pasir menjadi menyusut, hingga mendekati bangunan warung makan. " Tiga hari ini saja sudah merusak 6 septictank di pinggir pantai," katanya.

Ia mengatakan, tahun ini lokasi terparah disisi timur TPI. Untuk tahun lalu, lokasi terparah di sisi Barat. "Tahun lalu sampai merobohkan bangunan," ujarnya.

Sementara itu, satu anggota Sar Satlinmas Pantai Depok, Surono menambahkan, untuk gelombang tinggi terjadi pagi dan malam hari. Setiap pagi sekira pukul 07.00 WIB sampai pukul 09.00 WIB. Sedangkan malam hari terjadi mulai pukul 20.00 WIB sampai 21.00 WIB.

"Ini kehendak alam, kita hanya bisa mengimbau warga dan pemilik untuk waspada," katanya.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini