nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Di Kampus Ini Mahasiswa Bisa Magang Sekaligus Berinovasi

Afriani Susanti , Jurnalis · Jum'at 02 September 2016 16:01 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2016 09 02 65 1479625 di-kampus-ini-mahasiswa-bisa-magang-sekaligus-berinovasi-K4xonVjxWJ.jpg Foto: Ilustrasi Okezone

JAKARTA - Kegiatan magang bisa menjadi salah satu kewajiban yang harus dijalani mahasiswa untuk melengkapi penilaian akademik mereka. Namun selain nilai, kegiatan magang dilakukan untuk memperkenalkan lingkungan kerja yang sesungguhnya kepada mahasiswa.

Bina Nusantara (Binus) University punya cara lain untuk memanfaatkan kegiatan magang menjadi salah satu cara mendorong mahasiswanya lebih aktif terlibat. Melalui program 3+1, mahasiswa diharuskan mengikuti pekuliahan selama tiga tahun. Sedangkan satu tahunnya, dimanfaatkan dengan melakukan kegiatan magang.

Namun, kegitaan magang yang diberlakukan oleh Binus sangatlah berbeda. Demi memafaatkan kesempatan tersebut, mahasiswa pun didorong untuk bisa menciptakan inovasi bersamaan dengan skripsi yang akan mereka buat.

Seperti yang dilakukan oleh Fendy Halim, Achmad Ardiansyah dan Hok Kim saat menjalani magang di Camarro, inc, ketiga mahasiswa jurusan sistem komputer tersebut terlibat langsung dalam sebuah proyek. Hingga dalam waktu enam bulan, mereka berhasil menciptakan Building Control System, yang akan dikomersilkan dengan nama Camouflage Smart Home System.

Dosen Pembimbing mereka yakni Wiedjaja Atmadja menuturkan, selama menjalani perkuliahan, mahasiswa diberikan ilmu-ilmu dasar. Sehingga saat masuk ke dunia kerja melalui magang ini memiliki bekal yang bisa digunakan dalam magang tersebut.

"Kurikulum yang kita buat tahun ini kan belum tentu bisa diaplikasikan tahun depan, jadi butuh waktu. Sedangkan IT itu selalu berkembang terus, jadi kami memberikan ilmu dasar-dasarnya. KIta cemplungkan sekalian ke dunia bisnis," ungkapnya di Kampus Binus Syahdan, Jakarta, Jumat (2/8/2016).

Menurutnya, program 3+1 ini sangatlah bagus karena selain memberikan ilmu teori di kelas juga memberikan wawasan kepada mahasiswa saat mereka menjalani magang.

"Selain hardskill, kita kan juga butuh sofskill. Jadi yang tadinya mahasiswa tidak bisa bicara dengan baik, setelah menjalani magang, dia bisa lebih fasih berbicara dengan customer," tambahnya.

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini