Share

Serangan Bom Hantam Kereta di Thailand

Emirald Julio, Okezone · Sabtu 03 September 2016 23:08 WIB
https: img.okezone.com content 2016 09 03 18 1480684 serangan-bom-hantam-kereta-di-thailand-HW3gFhUVCF.jpg Gerbong yang hancur akibat terkena ledakan bom (Foto: Bangkok Post)

PATTANI – Sebuah bom meledakkan kereta yang tengah berjalan di Kota Pattani yang berlokasi di Thailand bagian selatan. Dilaporkan, bom yang meledak pada Sabtu 3 September itu menyebabkan satu orang tewas dengan tiga lainnya terluka.

Sebagaimana dikutip dari Reuters, Sabtu (3/9/2016) bom tersebut disembunyikan di bawah rel kereta api di Distrik Khok Pho, Pattani. Polisi Thailand menuturkan ledakan itu menyebabkan salah satu gerbong rusak parah dan membuat lubang besar di bawah rel kereta.

Dua orang petugas kereta dan satu penumpang perempuan merupakan korban yang menderita luka. Kereta nahas itu dikabarkan sedang menuju Bangkok ketika dihantam serangan bom tersebut.

Terdapat dugaan ledakan ini dilancarkan oleh kelompok separatis Muslim di Thailand. Namun, hingga saat ini masih belum ada yang mengaku bertanggung jawab.

Pembicaraan damai antara Pemerintah Thailand dan kelompok separatis tersebut sebenarnya sudah berjalan. Pada Jumat lalu pembicaraan damai itu tidak menghasilkan kesepakatan yang menjadi titik terang menuju perdamaian di Negeri Gajah Putih.

Kelompok separatis ini rata-rata beroperasi di wilayah bagian selatan Thailand, seperti di Yala, Pattani dan Narathiwat. Semenjak 2004, pertikaian antara kelompok separatis itu dengan pemerintah telah membuat lebih dari 6.500 warga Negeri gajah Putih kehilangan nyawanya.

Baca Juga: Peringati Hari Lahir Pancasila, Pengawas KKP Lakukan Upacara Bawah Laut

(emj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini