nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Atasi Abrasi Pantai Jilbab, Masyarakat Gotong Royong Bangun Tanggul

Rayful Mudassir, Jurnalis · Sabtu 03 September 2016 04:22 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2016 09 03 340 1480174 atasi-abrasi-pantai-jilbab-masyarakat-gotong-royong-bangun-tanggul-fRtAhe7Cbd.jpg Ilustrasi (foto: Antara)

BANDA ACEH – Cuaca buruk sepekan terakhir yang terjadi di perairan Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) menyebabkan terjadinya pengikisan pantai atau abrasi di wilayah itu. Salah satunya terjadi di Pantai Jilbab.

Mengantisipasi semakin meluasnya penggerusan di pinggir pantai tersebut, masyarakat dibantu sejumlah pihak membangun tanggul dengan ribuan karung goni berisi pasir.

Kepala Bagian Humas Kabupaten Aceh Barat Daya, Zalsufran menyebut, masyarakat di dua desa yang mengalami abrasi bersama sejumlah lembaga penanggulangan bencana dan unsur pemerintah membangun tanggul sementara di bibir Pantai Jilbab.

“Ini kita lakukan karena sejumlah fasilitas jualan dan pohon Aru di pinggir Pantai Jilbab roboh dan tumbang ke laut,” kata Zalsufran saat dihubungi dari Banda Aceh, Jumat (2/9/2016).

Ribuan karung goni berisi pasir itu dijejerkan di pinggiran pantai sepanjang 200 meter. Selain itu, sejumlah batang bambu didirikan sejajar dengan tumpukan goni tersebut.

Diketahui sejak seminggu terakhir, abrasi terus terjadi di Pantai Jilbab, Abdya. Akibatnya, sejumlah pondok dan lapak jualan di lokasi wisata itu turut roboh karena bencana alam ini. Sebagian penjual bahkan merugi akibat hal ini.

“Semoga setelah dilakukan tanggul sementara ini, bisa mengatasi abrasi yang terus terjadi ini. Pembangunan tanggul tadi juga gotong royong masyarakat dengan sejumlah pihak baik BPBD, SAR, Tagana, dan unsur pemerintah,” tuturnya.

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini