Image

LBH Pers: Jangan Sampai Ada Lagi Kekerasan terhadap Jurnalis

Badriyanto, Jurnalis · Minggu 04 September 2016, 18:53 WIB
https: img.okeinfo.net content 2016 09 04 337 1481071 lbh-pers-jangan-sampai-ada-lagi-kekerasan-terhadap-jurnalis-G2WgmsqiMt.jpg ilustrasi

JAKARTA - Direktur Eksekutif Lembaga Bantuan Hukum Pers (LBH Pers), Nawawi Bahrudin, menyampaikan bahwa jurnalis harus melakukan introspeksi diri kenapa pihaknya mendapatkan tindak kekerasan oleh aparat.

"Jurnalis juga harus introspeksi apakah kekerasan itu ada keterlibatan jurnalis," ungkap Nawawi saat diskusi yang bertajuk 'Jurnalis Bukan Musuh' di BKKKS, Jakarta Pusat, Minggu (4/9/2016).

Lebih lanjut, Nawawi menegaskan jangan sampai ada kasus-kasus kekerasan terhadap jurnalis yang di awali oleh jurnalis itu sendiri agar tidak dijadikan kesempatan oleh aparat untuk bertindak represif terhadap jurnalis.

Saat ini, tambah dia, Dewan Pers telah membuat pedoman perlindungan pers dari tindak kekerasan yang didalamnya juga mengatur mekanisme pengajuan perlindungan. Setidaknya ada empat elemen yang terlibat dalam menangani tindak kekerasan yang dialami oleh seorang jurnalis.

"Dewan Pers sudah membentuk pedoman etika jurnalis yang mengatur mekanisme pengajuan perlindungan. Didalamnya terdapa empat elemen, jurnalisnya, organisasi profesinya, perusahaan persnya dan Dewan Pers sendiri," pungkasnya.

(ulu)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini